Berkembangnya dunia teknologi membuat segalanya terasa lebih praktis dan mudah.  Hal ini juga berlaku bagi para pebisnis online. Ada beberapa alasan yang kuat, bisnis online menjadi pilihan banyak masyarakat. Selain bisa dikerjakan dimanapun dan tidak harus memiliki toko fisik,  bisnis online juga tidak perlu menyiapkan modal yang banyak, bahkan bisa dengan modal kecil sekalipun. Misalnya saja hanya dengan bermodalkan paket internet, bisnis online sudah bisa dijalankan.

Bukankah ini hal yang menarik dan menguntungkan? Berikut ini beberapa pilihan bisnis online gratis tanpa modal yang bisa menjadi pilihan:

1. Reseller atau Dropshipper

Jika Anda pernah membeli barang secara online, tentu pernah mendengar istilah reseller atau dropshipper. Bisnis online gratis tanpa modal ini bisa jadi pilihan yang terbilang mudah, sebab tidak harus berpikir tentang konsep bisnis dan membuat sebuah produk.

2. Penulis Freelancer

Saat ini banyak situs pencari kerja, khususnya bagi yang ingin menjadi pekerja lepas atau freelancer. Biasanya para klien mencari penulis yang bersedia untuk menulis beberapa artikel terkait tentang perusahaan atau media tersebut. Uniknya, pekerjaan ini tidak terikat oleh perusahaan dan bayarannya juga terbilang lumayan tergantung dari jam terbang menulis. Jika masih penulis pemula, biasanya mendapatkan penghasilan yang rendah, sedangkan ketika sudah di jenjang profesional maka upah yang didapat sangatlah besar.

3. Penerjemah Bahasa Asing (Translator)

Salah satu bisnis online gratis tanpa modal yang ketiga adalah menjadi penerjemah bahasa asing. Seiring dengan banyaknya perusahaan di Indonesia yang bersifat global, semakin banyak pula mencari orang yang pandai berbahasa asing baik verbal atau tertulis. Sebagai pemula, bisa memulai dengan mencari part time job translator di situs pencari kerja untuk memulai bisnis online tanpa modal ini. Selalu utamakan kualitas terjemahan yang dihasilkan dengan semaksimal mungkin, mulai dari perhatikan tata bahasa yang baik dan benar, sehingga maksud dan tujuannya bisa tersampaikan dengan jelas ke pendengar. Jangan lupa juga selalu kembangkan pengetahuan bahasa Anda sebanyak mungkin agar bisa selalu diandalkan.