Berlian, sebagai salah satu permata paling berharga sedari dulu kala sudah banyak digunakan pada perhiasan tradisional sebagai pelengkap kemewahannya. Yang dimana berlian ini bisa berguna sebagai penambahan kilau keindahan pada suatu perhiasan tersebut. Baik itu pada anting berlian, cincin berlian, kalung berlian, gelang berlian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kita sedikit flashback ke belakang, Jenis perhiasan yang sering digunakan dari berlian ini misalnya seperti mahkota dan sunting rambut. Pada wanita zaman dahulu yang rata-rata memiliki rambut panjang, sunting rambut atau tusuk konde merupakan perhiasan yang lazim dipakai sejak itu. Dan biasanya sunting rambut tersebut terbuat dari bahan emas, kuningan atau juga dari perak. Diberi hiasan permata atau batu berlian sesuai kedudukan pemakainya di tengah masyarakat.

Seri Anta Earrings


Perhiasan klasik lainnya juga ada yang namanya dokoh. Yang mana dokoh ini merupakan salah satu perhiasan berupa kalung bertingkat tiga, yang biasa dipakai oleh wanita-wanita di wilayah Sumatera. Dan biasanya perhiasan dokoh ini hanya dipakai pada saat acara pernikahan, dan sering dikombinasikan dengan pemakaian kebaya yang cantik. Pasangan dokoh selain kebaya ada juga dengan pemakaian anting dari berlian. Bentuknya melengkung dan ujung-ujungnya runcing di kedua sisinya.

Dari berbagai perhiasan tradisional diatas, tentunya bisa kita tarik kesimpulan bahwa sejak zaman dahulu kala orang-orang memang sudah sangat familiar dengan penggunaan perhiasan ini. namun agak sedikit berbeda dengan budaya masyarakat Barat yang gemar menambahkan berbagai jenis permata termasuk berlian pada perhiasan mereka, masyarakat tradisional Indonesia lebih suka menggunakan perhiasan yang terbuat dari emas. Adapun pemakaian permata atau berlian, hanya digunakan sebagai penambah keindahan saja. Jika di Barat berlian memiliki arti kesetiaan dan keabadian, maka di Indonesia bentuk, ukiran, dan momen penggunaan perhiasan itulah yang mencerminkan arti tersendiri.

Namun jika anda ingin menyatukan perhiasan tradisional Indonesia dengan taburan berlian, tentu saja sangat dirasa sangat cocok-cocok saja. Kesan tradisional yang ditampilkan akan kian memberi warna klasik yang abadi namun masih dengan balutan perhiasan yang sangat mewah, dengan tambahan aksen berlian ini. Kalau pun anda menginginkan perhiasan dari berlian yang berkualitas baik, maka anda bisa mendapatkannya di The Palace.