Gambar terkait

Banyak cara untuk membedakan berlian asli dengan yang palsu. Masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun untuk cara yang paling akurat membedakan perhiasan berlian asli dengan yang palsu, yaitu melakukan uji profesional melalui bantuan ahli.

Uji profesional tersebut dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Tes Panas

Pada dasarnya, uji profesional ini hampir sama dengan yang Anda lakukan di rumah. Biasanya Anda menentukan berlian asli dengan tes panas ini, jika saat dipanaskan tidak akan mengalami keretakan atau meleleh. Tetapi lebih kepada seberapa lama berlian tersebut mampu menjaga suhunya.

Hasil gambar untuk site:https://www.mondialjeweler.com/


Selama kurang lebih 30 detik, berlian akan dipanaskan. Jika batu berlian tidak mudah memanas dan cepat mendeskripsikan panas, itu artinya berlian Anda asli.

2. Tes Moisanit

Biasanya penjual berlian selalu meyakinkan konsumennya dengan menguji berlian secara profesional menggunakan alat khusus dengan cara tes Miosanit atau tes kombinasi berlian.

Cara tes berlian ini cukup akurat daripada tes panas. Pengujiannya dilakukan dengan bantuan alat uji konduktivitas listrik. Sehingga, perbedaan perhiasan berlian asli dan Moisanit akan terlihat lebih jelas.

3. Tes Mikroskop

Tes berlian profesional ini dilakukan di sebuah laboratorium dengan menggunakan mikroskop khusus untuk melihat kerapatan batu berlian. Dengan menggunakan mikroskop yang memiliki kaca pembesar mencapai 1200 kali lipat, para ahli peneliti keaslian berlian akan mudah mendeteksi apakah berliannya asli atau hanya replika saja (palsu).

Jika dilihatnya ternyata memiliki kerapatan yang maksimal dengan faset berkilau berwarna jingga, itu artinya berlian Anda asli.

4. Tes Menggunakan Timbangan

Timbangan yang digunakan bukan sekedar mengetahui beratnya saja, melainkan sampai pada tingkat karat dan jumlah butirannya. Berlian asli akan memiliki berat yang seimbang dengan ukuran dan bentuknya. Jika melebihi dari 55% sesuai bentuk dan ukurannya, maka dapat dipastikan berlian tersebut palsu.

Uji profesional tersebut hanya bisa dilakukan oleh pakar ahli berlian. Untuk itu, uji perhiasan berlian asli dengan cara profesional ini, penting sekali untuk Anda lakukan.