Apa iya ada bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal? Tentu saja ada. Perkembangan e-commerce di dunia khususnya di Indonesia menawarkan banyak peluang usaha baru bagi masyarakat. Selain bisnis bermodal, kita bisa memilih peluang bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk memulainya. Cara usaha rumahan ini sudah sering dilakukan oleh banyak orang saat ini. Khususnya mereka yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis tanpa modal? Simak berikut langkah-langkahnya.

1. Mencari Peluang Bisnis

Karena modal disini bukan hal yang menjadi dasar untuk membuka usaha. Maka kita akan melewatinya dan langsung mencari peluang bisnis. Saat ini ada beberapa jenis bisnis yang bisa Anda mulai tanpa memerlukan modal. Pertama Anda bisa membuka jenis bisnis jasa. Bisnis jasa yang bisa Anda pilih pun banyak. Pertama menawarkan jasa les private bahasa, jasa pengantaran baran dan lainnya. Jika Anda memiliki bakat jadi penulis, Anda bisa mengembangkan bakat anda untuk menjadi seorang content writer. Untuk bisnis, Anda bisa memilih menjadi seorang pelaku usaha reseller yang menjual barang tanpa modal.

2. Cara Menjalankan Usaha

Setelah menentukan usaha apa yang akan Anda geluti. Selanjutnya jalankanlah usaha tersebut di rumah. Cara menjalannya pun sangat mudah sekali. Baik yang menawarkan jasa maupun produk, Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial. Cara usaha rumahan hanya memerlukan sedikit biaya, itupun hanya pada beberapa jenis bisnis saja. Untuk Anda yang memilih reseller bahkan tidak perlu modal sama sekali. Mungkin untuk beberapa bisnis seperti jasa, ada beberapa hal yang sepertinya perlu Anda persiapkan.

3. Lakukan Promosi

Promosi termasuk hal yang penting untuk dilakukan. Kenapa demikian? Karena dengan mempromosikan usaha dan produk kita, maka orang akan menjadi tertarik. Promosi dapat dilakukan secara gratis melalui media sosial ataupun aplikasi chating. Tapi, usahakan untuk memberi jarak antara waktu promosi pertama dan kedua atau selanjutnya agar tidak terlalu intens. Karena, melalui media sosial orang akan jenuh melihat promosi kita dan beberapa diantaranya bahkan sering melaporkannya sebagai bentuk spam yang tentunya akan merugikan bisnis Anda.