7 Peluang Kerja Menarik untuk Lulusan Kuliah Animasi

Apakah Anda penggemar Naruto? Atau penggemar film barat seperti Toy Story?. Jika Anda adalah penggemar salah satu dari kedua film tersebut maka Anda sudah tidak asing lagi dengan animasi. Animasi sendiri merupakan salah satu genre film yang saat ini berkembang dengan pesat. Adanya rumah produksi populer seperti Pixar dan Warner Bros membuat film animasi tidak hanya bisa dinikmati oleh anak-anak saja namun juga orang dewasa. Anda yang menggemari animasi juga bisa membuatnya sendiri jika kuliah animasi.

Beberapa institusi pendidikan di Indonesia menghadirkan jurusan animasi yang bisa Anda masuki. IDS atau International Design School menjadi salah satu institusi pendidikan yang menawarkannya. Ada beberapa program yang dihadirkan seperti short course, international college, corporate training, dan holiday bootcamp. Lulusannya juga memiliki peluang kerja yang terbuka lebar. Beberapa di antaranya yaitu:

Kuliah Animasi
Kuliah Animasi

Animator

Animator merupakan orang yang bertugas untuk membuat animasi. Beberapa pekerjaan yang harus ditangani yaitu merancang dan membuat animasi, gambar visual, maupun efek khusus. Animator sangat dekat dengan beberapa aplikasi editing karena proses pembuatan animasi dilakukan melalui perangkat komputer. Selain itu, animator juga harus mampu menerapkan pengembangan cerita, sinematografi, penyutradaraan, dan editing animasi untuk membuat sebuah storyboard yang menarik.

Desainer Video Game

Desainer video game cocok untuk Anda yang hobi bermain game dan ingin mengembangkan game buatan sendiri, meskipun nantinya Anda akan bekerja sama dengan programmer game. Tugas utama yang diberikan yaitu merancang serta mendesain fitur inti dari video game, menentukan alur cerita, biografi karakter, mekanika peran, dan membuat permainan yang inovatif.

Desainer Visual Efek

Desainer visual efek biasanya bekerja pada industri kreatif seperti acara televisi, film, music video, video games, dan iklan. Tugas utamanya tentu saja membuat special effect yang mampu meningkatkan nilai dari produk kreatif. Pada umumnya, desainer visual efek bekerja pada saat post produksi. 

Talent Director

Peluang kerja menjanjikan untuk lulusan kuliah animasi selanjutnya adalah menjadi seorang talent director. Profesi ini pada umumnya diisi oleh senior karena memiliki tanggung jawab dalam mencari calon performer yang cocok untuk sebuah peran tertentu. Kesalahan dalam pemilihan performer merupakan tanggung jawab talent director.

Komikus

Membuat cerita bergambar memang sebuah hal yang menyenangkan. Semua ide yang ada di kepala bisa dituangkan dalam bentuk gambar menarik. Jika Anda suka membuat cerita bergambar maka profesi sebagai komikus bisa menjadi pilihan. Banyaknya platform digital membuat Anda lebih mudah dalam mempublikasikan komik yang dibuat.

Desain Karakter

Orang yang bertugas mendesain karakter untuk sebuah film animasi dinamakan desainer karakter. Sesuai dengan namanya, Anda nantinya akan membuat gambar karakter secara lengkap mulai dari ekspresi wajah, pakaian, gaya rambut, dan lain sebagainya. Kreatifitas sangat dibutuhkan untuk membuat karakter yang orisinil.

Storyboard Artist

Storyboard artist adalah orang yang bertugas untuk mengubah naskah menjadi gambar yang menarik. Video animasi yang ditampilkan dalam sebuah film merupakan kumpulan gambar yang dibuat oleh storyboard artist.

Itulah peluang kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan animasi. Selain peluang kerja di atas masih ada banyak peluang kerja lainnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila kuliah animasi karena peluangnya terbuka lebar. Selain peluang yang terbuka lebar, Anda juga perlu mencari institusi yang mampu membantu mengembangkan skill Anda. 

IDS menjadi pilihan tepat karena memiliki banyak keunggulan seperti tenaga pengajar profesional, masa tempuh pendidikan lebih singkat, kurikulum padat, dan lain sebagainya. Informasi lebih lengkapnya mengenai jurusan animasi IDS bisa Anda lihat di website idseducation.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *