Ingin Estimasi Biaya Bangun Rumah Lebih Hemat? Ini Tipsnya

Rumah menjadi salah satu aset paling penting yang harus dimiliki setiap keluarga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah mulai dari membangun sendiri hingga membeli rumah cluster yang sudah jadi. Dibandingkan dengan membeli rumah cluster, banyak orang yang lebih suka membangun rumah sendiri. Hal tersebut karena membangun rumah sendiri bisa membantu Anda mendapatkan rumah impian. Estimasi biaya bangun rumah memang tidak murah, namun Anda bisa menghematnya dengan beberapa hal berikut ini:

Pilih Tenaga Kerja yang Bisa Diajak Negosiasi

Jika ingin mendapatkan bangunan yang berkualitas maka Anda perlu mencari tenaga kerja yang profesional dan berpengalaman. Namun biasanya tenaga kerja yang profesional memberikan harga yang lebih tinggi karena kualitasnya yang terjamin. Anda harus cermat mencari tenaga kerja yang profesional namun bisa diajak negosiasi. Misalnya ada kerabat atau teman yang bekerja di bidang kontraktor, mintalah bantuan untuk mendapatkan tenaga kerja profesional yang bisa dinego.

Pertimbangkan Pemilihan Material Bangunan

Estimasi biaya bangun rumah
Estimasi biaya bangun rumah

Material pembangunan rumah ada banyak sekali mulai dari semen, pasir, batu bata atau sejenisnya, genteng, dan masih banyak yang lainnya. Karena ada cukup banyak material yang dibutuhkan, tentu saja material sangat memengaruhi estimasi biaya bangun rumah. Carilah material bangunan yang berkualitas namun dengan harga yang pantas. Jadi Anda harus cermat untuk mendapatkan material tersebut.

Lokasi atau Lahan Pembangunan

Jika Anda belum memiliki lahan atau tanah, maka hal ini juga penting untuk diperhatikan. Harga tanah yang akan dibangun rumah ini memengaruhi besar biaya bangun rumah juga. Tanah yang berlokasi strategis memiliki harga yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanah yang kurang strategis. Pertimbangkan dengan baik pemilihan lokasi atau lahan pembangunan dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti agar estimasi biaya bangun rumah bisa lebih hemat. Jika masih bingung memilih material yang terjangkau, Anda bisa memilih material semen dari Semen Tiga Roda. Merek semen ini berkualitas dan telah berstandar SNI sehingga terbukti kualitasnya. 

Semen merupakan salah satu bahan utama pembangunan rumah sehingga kebutuhannya besar. Apabila memilih Semen Tiga Roda maka budget pembangunan bisa lebih hemat. Selengkapnya mengenai produk dari Semen Tiga Roda bisa langsung Anda lihat sendiri di website resminya yaitu sementigaroda.com. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *