Acuan Dasar untuk Cara Hitung Biaya Bangun Rumah

Ketika Anda ingin membangun rumah, maka Anda harus tahu cara menghitung biaya membangun rumah untuk menyiapkan dana. Dan juga untuk mengendalikan biaya membangun rumah agar tidak melebihi perhitungan awal Anda, jika Anda bisa mengetahui cara hitung biaya bangun rumah dengan tepat.

Hal ini merupakan cara yang umum untuk menghitung biaya konstruksi perumahan, yang umum digunakan saat ini dengan mengalikan luas konstruksi dikalikan dengan harga satuan konstruksi. Penggunaan ini populer karena sebagian besar pelanggan khawatir tentang biaya konstruksi per m2, dan juga hanya memberi mereka gambaran tentang biaya rumah mereka.

Cara hitung biaya bangun rumah
Cara hitung biaya bangun rumah

(source:https://www.arsitag.com/proxy-s3-arsitagx-master-article/article-photo/43/xgbr-1-cover.jpg.pagespeed.ic.8PSafR2GYI.jpg)

Berikut ini cara hitung biaya bangun rumah lantai 100 m², dan Anda bisa mempelajarinya

Biaya Tenaga Kerja

Anda bisa meminta bantuan seseorang yang mengerti sedikit tentang konstruksi, atau seseorang yang Anda kenal untuk membangun berkat konsultan kontraktor. Kemudian menentukan berapa banyak tenaga kerja, tata letak, bahan bangunan, dll, lalu ia akan menghitung akurasi relatif (70%).

Memperhitungkan Biaya Bahan Baku

Selain tenaga kerja, Anda juga perlu memperhitungkan bahan baku bangunan seperti

  • Batu bata
  • Pasir
  • Batu
  • Semen
  • Besi

Jenis Semen yang Terbaik

Saat ini ada banyak merek semen yang digunakan dalam konstruksi, salah satunya semen Tiga Roda, yang merupakan merek terkemuka dan terbukti kokoh untuk setiap bangunan. Karena dengan sifat semen Tiga Roda, struktur arsitektur di setiap tahapan akan memiliki kualitas baik, jadi ketika membeli semen Anda harus memilih jenis ini. 

Mungkin sebagian orang ada anggapan dengan kebiasaan menggunakan kombinasi banyak jenis semen secara bersamaan, tetapi kali ini tidak benar. Karena untuk melengkapi rumah yang Anda inginkan, dari tahap konstruksi kasar, pencampuran beton, balok, lantai, pilar membutuhkan semen kekuatan tinggi.

Pondasi yang Kuat

Pondasi adalah salah satu struktur bantalan rumah yang paling penting, karena pondasi akan menahan semua beban lantai beserta desain atap. Dengan struktur pondasi yang kokoh, kualitas rumah baru bisa bertahan selama bertahun-tahun. Untuk itu Anda harus mengetahui cara hitung biaya bangun rumah dengan memberi perhitungan dari semua aspek dan juga bahan-bahan yang digunakan. Dengan tujuan agar rumah Anda bisa kokoh dan tidak terlalu sering mengalami perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *