Peluang Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual di Jakarta

Desain Komunikasi Visual atau DKV merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang memiliki banyak peminat. Selain mata kuliah yang dianggap menyenangkan, peluang kerja dari lulusan DKV juga sangat luas dan menjanjikan. Oleh sebab itu, banyak universitas atau institusi di Jakarta yang membuka jurusan desain komunikasi visual ini, salah satunya yaitu International Design School atau IDS. Sebagai informasi, berikut ini ada 7 peluang kerja lulusan jurusan desain komunikasi visual di Jakarta yang banyak diminati:

jurusan desain komunikasi visual di Jakarta
jurusan desain komunikasi visual di Jakarta

Graphic Design

Graphic design menjadi salah satu profesi yang sedang diminati saat ini karena dibutuhkan dalam berbagai industri, mulai dari video games, perfilman, maupun periklanan. Tugas utama Graphic Design adalah membuat desain grafis bagi klien atau perusahaan itu sendiri.

Periklanan

Semua perusahaan pasti membutuhkan iklan sebagai bentuk strategi marketing yang dijalankan agar produk atau jasa yang ditawarkan lebih dikenal. Lulusan desain komunikasi visual memiliki peluang tinggi masuk ke perusahaan periklanan pada bidang kreatif. Bidang ini bertugas untuk merancang dan mendesain iklan dalam bentuk gambar maupun teks. Selain bidang kreatif, lulusan DKV juga bisa masuk pada bidang media sebagai Media Buyer dan Media Planner.

Fotografer

Seiring berkembangnya teknologi, fotografer saat ini telah menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Hampir semua perusahaan membutuhkan karya fotografi sebagai media promosi produk atau jasa yang ditawarkan. Selain di bawah perusahaan, Anda juga bisa membuka usaha jasa fotografi sendiri, bekerja secara freelance, mendirikan studio foto, dan lain sebagainya.

Illustrator

Lulusan jurusan DKV memang dikenal sebagai orang yang memiliki kreativitas tinggi. Mereka dengan kreativitas tinggi dan mampu menjelaskan cerita dalam bentuk gambar sangat cocok menjadi illustrator. Jika memilih menjadi illustrator, Anda bisa bekerja dibawah perusahaan ataupun secara freelance. Ketika memilih untuk menjadi freelancer maka Anda bisa bekerja tanpa terikat waktu dan juga tempat.

Web dan Mobile Desainer

Web dan Mobile Application menjadi salah satu fasilitas penting dari perusahaan agar mampu memberikan layanan terbaik untuk konsumen. Disamping itu, Web dan Mobile Application juga bisa menjadi profil perusahaan dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Lulusan jurusan DKV bisa menjadi web desainer dan mobile desainer dengan kreativitas dan ilmu yang dimiliki. Untuk menjadi web desainer atau mobile desainer, Anda perlu memiliki skill seperti HTML, CSS, Illustrator, Photoshop, dan paham mengenai konsep sebuah website.

Production House

Jika Anda berminat dengan pembuatan acara televisi, produksi film, iklan komersial, dan hal lain yang berhubungan dengan audio visual maka mendaftar jurusan desain komunikasi visual di Jakarta merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak ilmu desain komunikasi visual serta kepekaan artistik yang baik maka lulusan jurusan DKV memiliki tugas penting dalam sebuah production house.

Creative Director

Creative Director memiliki tugas penting di dalam sebuah perusahaan yaitu mengarahkan karyawan agar mampu memenuhi target dan kriteria yang diberikan oleh konsumen. Profesi ini memang sulit bisa didapatkan secara instan oleh lulusan DKV baru. Namun jika berminat dengan profesi Creative Director, Anda bisa merintis dari bawah dengan menjadi karyawan terlebih dahulu.

Itulah 7 peluang kerja dari lulusan DKV yang sangat diminati. Selain 7 profesi di atas, masih banyak profesi lain yang bisa dimasuki oleh lulusan DKV. Jika Anda berminat dan sedang mencari institusi yang membuka jurusan desain komunikasi visual di Jakarta, International Design School atau IDS bisa menjadi pilihan. Pengajar yang profesional dan berpengalaman dari IDS akan membantu Anda belajar mengenai desain komunikasi visual secara mendalam. Dengan ilmu dan skill yang banyak maka Anda siap bersaing di dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *