Perkembangan Bayi di Trimester Kedua Kehamilan

Kehamilan di Trimester kedua ini terjadi pada minggu ke 13 sampai 28 pada masa kehamilan. Pada trimester ini, Sebagian besar organ vital pada bayi seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan otak sudah lebih berkembang, sehingga ukurannya menjadi lebih besar dari sebelumnya. Bayi juga mulai bisa mendengar suara yang ada di sekitar dan menelan. Rambut-rambut kecil bayi akan mulai tumbuh dan tubuhnya juga sudah bisa melakukan gerakan-gerakan kecil.

Menurut bidan Sela yaitu bidan di Bandung, jika pada awal trimester kedua, berat bayi sudah mencapai kurang lebih 1,5 ons. Apabila dibandingkan dengan trimester pertama, ibu hamil akan memiliki lebih banyak energi di trimester kedua ini. 

perkembangan bayi
perkembangan bayi

Perubahan Tubuh Ibu Hamil Saat Trimester Kedua

Berbagai permasalahan kehamilan yang tidak nyaman pun juga mulai berkurang tidak seperti sebelumnya, sehingga trimester kedua dianggap sebagai periode kehamilan yang paling nyaman dan lumayan aman. Ketika masuk trimester kedua kehamilan, perkembangan bayi tepatnya pada usia 5 minggu kehamilan, maka akan muncul linea nigra atau garis berwarna gelap yang membentang dari pusar ke panggul.

Berikut ini merupakan beberapa pencapaian janin yang biasanya terjadi pada trimester kedua.

1. Janin Mulai Bisa Bergerak

Ketika usia janin memasuki minggu ke-16 kehamilan, Biasanya Bunda merasakan gerakan mendadak dari dalam perut karena gerakan janin. Jantung buah hati dalam kandungan berdetak lebih cepat, serta kaki dan tangannya yang mulai bergerak. Itulah yang membuat Bunda akhirnya kerap merasakan sundulan dari dalam perut yang sering terjadi.

2. Organ Dalam Janin Mulai Bekerja

Selanjutnya saat memasuki bulan keempat kehamilan, organ dalam janin akan mulai bekerja. Janin juga sudah bisa mengeluarkan urine karena ginjalnya sudah mulai berfungsi. Organ-organ dalam lainnya juga mulai berfungsi memasuki bulan keempat sampai dengan bulan kelima.

3. Rambut Janin Terus Mengalami Pertumbuhan

Saat inilah perut Bunda akan makin sering merasa gatal waktu usia janin di dalam kehamilan sudah berada di trimester kedua. Sebab, perut Bunda bersentuhan dengan rambut janin yang mulai tumbuh. 

4. Jenis Kelamin Mulai Nampak

Pada akhir bulan keempat dan memasuki bulan kelima, maka pembentukan kelamin janin semakin jelas terlihat. Pada masa-masa ini, Bunda dapat segera mengetahui jenis kelamin buah hati dalam kandungan. Untuk mengetahuinya secara pasti, Bunda bisa melakukan USG di dokter kandungan yang sudah profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *