Cara Menggunakan Ovutest untuk Istri Cerdas

Bagi sebagian wanita, masa subur mungkin sulit terdeteksi secara akurat. Ini bisa jadi disebabkan mereka yang tak piawai melakukan penghitungan kalender, atau cara penghitungan semacam itu dinilai tidak efektif dalam mendukung agenda perencanaan kehamilan. Karena itulah, ovutest hadir sebagai solusi nyata di mana cara menggunakan ovutest juga sangat mudah.
Seperti diketahui, pengetahuan tentang masa subur sangat berguna untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan secara efektif. Masa subur merupakan waktu di mana sel telur yang ada di tubuh wanita sedang dalam kondisi siap dibuahi, sehingga peluang terjadinya kehamilan sangat besar. Oleh karenanya, ovutest sangat bisa diandalkan untuk mendeteksi masa subur secara akurat.

Cara Menggunakan Ovutest
Cara Menggunakan Ovutest

Jika Anda menggunakan perhitungan kalender, biasanya perhitungan dimulai sejak sekitar 10 hingga 14 hari sebelum masa haid selanjutnya. Cara ini dinilai tidak efektif, sebab siklus haid dan kondisi tubuh setiap wanita berbeda-beda. Alhasil, perkiraan masa subur dengan menghitung tanggal kalender kerap meleset.
Berikut ini sejumlah alat pengukur masa subur wanita yang dinilai efektif dalam agenda merencanakan atau menunda kehamilan. Mari simak uraiannya berikut ini:

  1. Ovutest Digital

Ini merupakan alat semacam test pack sekali pakai, di mana penggunaannya pun hampir sama dengan test pack untuk mengetes kehamilan. Cara kerja alat pengetes masa kesuburan itu yakni dengan mencelupkannya ke cairan urine. Nantinya, alat akan mendeteksi peningkatan luteinizing hormone (LH) dalam urine.
Sekilas informasi, LH merupakan hormon yang memicu kematangan sel telur sehingga ia siap untuk dibuahi. Ketika Ovutest Digital mendeteksi kondisi sel telur dalam keadaan matang, maka peluang kehamilan bisa tinggi setelah terjadi pembuahan.

  1. Ovutest Femometer

Alat selanjutnya yang cukup efektif dalam mendeteksi masa subur wanita adalah dengan menggunakan ovutest. Cara menggunakan alat ini berbeda dengan ovutest digital, karena alat ini tidak membutuhkan urine untuk mendeteksi kadar LH dalam tubuh. Sederhananya, cara kerja ovutest femometer hampir sama dengan cara kerja untuk penggunaan thermometer. Ovutest Femometer bekerja dengan cara mengukur tingkat suhu basal tubuh. Anda bisa menggunakannya pada pagi hari sebelum memulai aktivitas harian.
Itulah dua alat yang cerdas dan akurat untuk mengetahui masa subur. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pasangan yang tengah merencanakan maupun menunda kehamilan.