de Stop! Jangan Lakukan Hal Ini Agar Jerawat Tidak Meradang

Stop! Jangan Lakukan Hal Ini Agar Jerawat Tidak Meradang

Apakah Anda pernah kesulitan melakukan perawatan wajah berjerawat? Jika salah dalam perawatan, jerawat yang Anda alami bukannya sembuh malah semakin parah. Memerah, meradang, bahkan dalam beberapa kasus terjadi infeksi. Wajah yang berjerawat sebenarnya sangat sensitive dan harus hati-hati dalam merawatnya. Menjaga kebersihan, asupan makanan, dan memilih skin care yang sesuai adalah tiga di antara beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Dalam perawatan wajah berjerawat, ada juga hal-hal yang tidak boleh dilakukan agar jerawat di wajah tidak bertambah parah. 

1. Memegang jerawat dengan tangan kotor.

Tangan yang tidak dicuci bersih kemungkinan besar akan menularkan kuman dan bakteri. Kotoran yang pindah dari tangan Anda ke atas jerawat akan membuatnya makin meradang, merah, dan yang terburuk infeksi.   Sebaiknya jerawat tidak dipegang-pegang sama sekali. Kalaupun harus disentuh, pastikan dengan tangan yang bersih. 

2. Memecahkan jerawat

Jerawat akan pecah jika sudah sangat ‘matang’. Namun jika tidak pecah pun, jangan memecahkannya sendiri dengan tangan, karena akan mengakibatkan sebagian isi jerawat tidak keluar, malah makin masuk ke dalam pori-pori. Hal ini akan membuat tumbuhnya jerawat baru yang lebih banyak dan lebih parah dari sebelumnya. Jika harus memecahkan jerawat, gunakan sendok tuna. Yang paling aman adalah pergi ke dokter atau klinik kecantikan dan biarkan ahlinya yang bekerja.

3. Menggosok jerawat terlalu keras saat mencuci muka

Menggosok jerawat dengan keras saat mencuci muka tidak akan membuatnya makin bersih. Sebaliknya, jerawat akan mengalami iritasi. Saat mencuci muka, cukup usap pelan-pelan bagian yang berjerawat. Sabun cuci muka sudah cukup untuk mengangkat kotoran dan sebum tanpa Anda harus menggosok keras-keras. Begitupun jika Anda membersihkan wajah menggunakan susu pembersih.

4. Gonta-ganti produk perawatan kulit

Produk perawatan kulit biasanya akan memberikan hasil maksimal setelah tiga hingga enam minggu. Jika Anda tidak sabar dan mengganti produk skin care terlalu cepat, kulit harus beradaptasi kembali. Jika hal itu sering dilakukan, kulit akan kesulitan beradaptasi. Salah satu efeknya adalah timbulnya jerawat. Bagi kulit yang memang berjerawat, pastinya akan membuat jerawat bertambah parah.

Perawatan kulit berjerawat sebenarnya memerlukan ketelatenan dan kesabaran. Dengan begitu, bukan tidak mungkin wajah yang penuh acnes akan kembali bersih dan mulus.