Perhiasan nusantara kini semakin banyak di kreasi kan oleh para perancang di Indonesia. Tak hanya sebagai hiasan pada bagian tubuh atau pakaian, koleksi ini juga memberikan kesan etnik. Serta kental nya budaya mencerminkan jati diri bangsa yang begitu beragam dalam pesona kecantikannya. Akulturasi yang begitu beraneka ragam dipilih dengan cermat, berdasarkan estetika bentuk maupun kesan yang diberikan.

Hal itu di tunjukkan pada pesona siluet serta ukiran yang dibuat dengan sangat presisi pada perpaduan emas dan hiasan berlian. Setiap model mengandung cerita yang menyertainya, mengajak Anda menelusuri langsung keindahan budaya yang ada di Indonesia.

Berikut ini beberapa contoh budaya Indonesia yang dituangkan dalam model perhiasan nusantara:

1. Pending

Pending dalam budaya Jawa dan Sunda mempunyai makna perhiasan di dada serta ikat pinggang. Biasanya dihias dengan desain kerawang dan bermotif lubang-lubang. Menurut antropolog Universitas Indonesia, pending masuk ke Nusantara sebagai hadiah dari Tiongkok untuk kerajaan Sriwijaya yang kala itu amat disegani. Siluet tersebut kemudian menjadi salah satu wujud dari kultur peranakan.

2. Mamuli

Mamuli merupakan perhiasan dengan asal kultur Sumba, berbentuk seperti mata pena di bagian atasnya lalu mengecil di bagian bawah. Dengan tambahan aneka ornamen di sekitarnya, termasuk dua sosok prajurit yang memegang perisai dan juga tombak. Mamuli dipakai di telinga yang sekaligus menjadi penanda identitas perempuan, makna kesuburan dan rahim yang melahirkan generasi penerus bangsa.

3. Belak

Belak adalah perhiasan yang digunakan warga Indonesia timur, dalam kultur aslinya digunakan di leher perempuan. Kedua ujungnya diikat dengan benang merah yang disematkan pada lubang kecil di bagian tengahnya. Namun pada koleksi perhiasan, belak merupakan tanda cinta pria yang dibawa untuk melamar sang pujaan hati. Berwujud apik dengan perpaduan emas dan berlian.

Budaya Indonesia bila dipadukan dengan cara modern bisa berwujud perhiasan nusantara yang ciamik, cantik dan tentunya tetap menjaga warisan budaya bangsa. Mengenalkan keindahan kultur Indonesia dalam hiasan etnik kepada seluruh dunia, terutama dalam perhiasan berlian yang dikenal sangat elegan.