Memiliki wajah yang kusam pasti sangat menyebalkan kan menurut Anda? Karena tak hanya memberikan kesan penampilan yang kurang menarik saja, namun juga bisa mengganggu Anda sendiri pada saat menjalani aktivitas di luar rumah. Apalagi jika Anda sedang berkumpul dengan orang yang ada di sekitar.

Belum lagi bila saat Anda mengamati wajah orang lain yang terlihat bersih, cerah, dan segar tanpa dandanan, tetap tampil cantik. Sebelum membahas tentang cara merawat kulit wajah, Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab seseorang bisa memiliki kulit wajah yang kusam.

Kulit wajah bisa menjadi kusam karena disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya sering terpapar sinar matahari tanpa ada perlindungan moisturizer dan sunscreen, kebiasaan begadang, dan malas membersihkan wajah sebelum tidur. Beberapa kebiasaan di atas bisa mengakibatkan wajah Anda menjadi kusam dan tidak bersinar.

Tenang saja, Anda bisa mendapatkan wajah yang cerah merona dan mempertahankan kecantikan wajah anda dengan melakukan perawatan kecantikan alami. Berikut cara merawat kulit wajah yang bisa Anda coba di rumah, yang dapat membuat wajah anda lebih bersih dan tetap terlihat cerah.

1. Teratur Membersihkan Wajah

Dalam usaha merawat kulit, salah satu ritual yang tidak boleh terlewatkan adalah dengan secara rutin membersihkan wajah setiap hari. Membersihkan wajah dengan facial wash bukan cuma mengangkat kotoran, tapi juga mengurangi minyak di kulit wajah Anda, juga agar wajah Anda tidak kusam. Hasilnya kulit Anda akan tetap cantik, segar, dan terlihat awet muda.

2. Menggunakan Pelindung saat Berada di Luar Ruangan

Penting sekali untuk menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan pelindung seperti sun protection saat beraktivitas di luar ruangan. Setelah menggunakan krim wajah yang menutrisi, ada baiknya Anda mengaplikasikan sun protection untuk melindungi wajah dari paparan UV A dan UV B.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Cara merawat kulit wajah selanjutnya adalah membatasi asupan makanan berlemak dan berminyak karena makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan produksi minyak alami kulit dan membuat wajah kusam.