Smartphone merupakan sebagai salah satu kebutuhan bag setiap orang di era milenial seperti sekarang ini. Bayangkan jika orang tidak menggunakan smartphone dalam waktu satu jam saja pastinya sangat bingung, terlebih untuk mereka para anak muda. Namun bagi Anda yang memiliki smartphone ini tentunya juga harus benar dalam menjaganya. Nah kali ini kami akan berbagi kepada Anda mengenai tips menjaga kinerja smartphone.

Berikut ini beberapa tips menjaga kinerja smartphone yang penting untuk Anda lakukan, diantaranya yaitu:

tips menjaga kinerja smartphone
tips menjaga kinerja smartphone

1. Gunakan Files Go

Aplikasi dari google ini merupakan salah satu untuk mempermudah Anda dalam mengatur serta membersihkan slot untuk penyimpanan file yang ada pada ponsel. Dengan menggunakan desain yang simple ini tentu saja akan dapat mempermudah Anda untuk menggunakannya.

2. Hapus aplikasi yang jarang Anda gunakan

Biasanya ada banyak aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak banyak digunakan. Sayangnya aplikasi tersebut tidak semuanya bisa Anda hapus, karena begitu pengguna bisa menonaktifkan dengan menekan setting > Apps. Kemudian tekan pada aplikasi yang tidak dikenal, kemudian pilih uninstalal atau disable.

3. Pakai Aplikasi Ringan

Kalau RAM dan memori ponsel terbatas maka Anda disarankan untuk menggunakan aplikasi dengan versi ringan salah satunya Anda bisa menggunakan seperti Youtube Go, Twitter Lite, Skype Lite, Facebook Lite dsb.

4. Install Update

Kalau terdapat pembaharuan sistem operasi maka dalam hal ini disarankan segera Anda menginstallnya. Hal ini karena pembaruan tersebut seringkali membawa sejumlah peningkatan yang terdapat pada performa. Untuk dapat  melakukan pengecekan, maka Anda bisa buka Settings > About Phone > System Update.

5. Optimasi Baterai

Jika Anda menggunakan terlalu banyak aplikasi optimasi baterai juga cenderung kurang bermanfaat. Ini malah akan membuat Anda dihujani banyak iklan. Jadi sebaiknya Anda dalam hal ini menghapusnya saja.

Nah itulah beberapa tips menjaga kinerja smartphone yang penting untuk Anda terapkan pada smartphone yang Anda miliki, supaya smartphone Anda bisa awet dan tahan lama tidak mudah loyo dan cepat rusak. Semoga informasi tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda yang membutuhkannya.