Berbagai jenis cemilan tradisional Indonesia jika disebutkan satu-persatu tentunya akan banyak waktu yang dibutuhkan karena beragam banyaknya yang bisa ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Untuk cemilan ini salah satunya yaitu kue pancong, kue ini masih bisa dengan mudah kita temukan di pinggir-pinggir jalan dengan harga yang pastinya lebih terjangkau.

Kue pancong ini memiliki variasai yang beragam sehingga banyak menawarkan pilihan untuk dinikmati, seperti dengan kelapa parut yang membuatnya menjadi semakin gurih. Selain itu adanya tambagan gula pasir terbaik dari Gulaku sebagai taburannya juga menjadi penarik banyak orang menyukai cemilan tradisional Indonesia ini. Untuk anda yang penasaran ingin membuat kue pancong ini berikut cara membuatnya.

Cemilan Tradisional Indonesia
                                                           Cemilan Tradisional Indonesia

Bahan-bahan untuk membuat Cemilan Tradisional Indonesia :

  • Tepung beras 1 gelas
  • Kelapa parut 1 gelas
  • Santan kental 1 ½ gelas
  • Vanili ½ sdt
  • Garam 1 sdt
  • Gula pasir Gulaku sebagai taburan

Cara membuat Cemilan Tradisional Indonesia :

  1. Pertama-tama masukan tepung beras dalam wadah yang sudah disiapkan untuk menampung semua bahan.
  2. Selanjutnya masukan juga kelapa parut, garam, dan santan lalu aduk-aduk sampai semuanya tercampur dengan rata dan tidak ada gumpalan pada wadah.
  3. Setelah bahan selesai panaskan cetakan untuk kue di atas kompor yang sebelumnya diolesi dengan minyak goreng atau mentega agar tidak lengket.
  4. Kemudian masukan adonan yang telah siap pada cetakan yang sudah panas.
  5. Setelah setengah matang taburi adonan dengan gula pasir diatasnya.
  6. Tunggu beberapa saat dan tutup cetakan.
  7. Jika pada pinggir kue sudah terlihat kecoklatan angkat kue dan dinginkan.

Kue pancong yang nikmat dan memiliki rasa gurih dan enak bisa dinikmati bersama dengan keluarga atau saat santai bersama teman-teman. Kue ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh daerah yang khas. Biasanya anda akan mudah mendapatkannya di daerah Bekasi atau sekitar ibu kota. Kue ini juga awet untuk anda bawa pergi sebagai buah tangan ke saudara-saudara anda, jadi sangat cocok sebagai cemilan tradisional Indonesia.

Itulah beberapa cemilan khas Indonesia yang bisa kalian praktikan di rumah.