Saat ini bisnis online sedang digandrungi oleh banyak orang, karena kemudahanya yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tak hanya itu saja, memulai bisnis online juga tidak membutuhkan banyak biaya dan bahkan bisa dilakukan tanpa modal sekalipun. Walaupun tanpa modal, kenyataanya sudah banyak orang yang sukses dengan bisnis online tersebut. Tapi bagi orang yang baru akan memulai berbisnis, mungkin akan merasa bingung bagaimana cara memulai bisnis online tanpa modal.

Sebenaranya, sama halnya dengan bisnis offline, bisnis online tanpa moda juga memiliki begitu banyak pilihan yang dapat Anda jadikan sumber penghasilan asalkan Anda tekun dan juga konsisten. Berikut ini adalah beberapa model bisnis online tanpa modal yang bisa Anda jadikan pilihan ketika akan memulai bisnis online.

  1. Menjadi penulis lepas

Bila Anda memiliki hobi menulis, maka ini bisa menjadi pilihan yang tepat.  Jika Anda memiliki leptop dan jaringan internet maka Anda bisa memanfaatkan keduanya untuk memulai menjadi seorang penulis lepas. Pekerjaan ini bisa menjadi pilihan yang cocok terutama untuk mahasiswa atau pelajar, karena bisa dilakukan kapan saja dan tidak terikat waktu.

2. Membagikan video di YouTube

Pilihan kedua yang bisa Anda coba adalah dengan membagikan video di YouTube. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menjadi youtuber. Selain popularitas, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube.  Namun video yang Anda bagikan haruslah video asli buatan sendiri dan berkualitas. Yang terpenting adalah buatlah video yang unik dan menarik sehingga bisa mengundang banyak penonton.  

3. Menjalankan bisnis dropship

Memulai bisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menjalankan bisnis online dengan sistem dropship.  Dengan sistem ini Anda bisa menjual produk tanpa harus memilik stok produk tersebut. Namun sebelumnya Anda harus memiliki toko online. Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya untuk berjualan. Lalu cari suplier yang mau diajak kerja sama. Selanjutnya Anda hanya perlu memasarkan produk milik suplier tersebut. Jika ada pesanan, maka Anda hanya perlu meneruskan pesanan ke suplier Anda dan suplier Andalah yang akan mengurus proses selanjutnya.

Bagaimana, mudah bukan memulai bisnis online tanpa modal. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here