Lag atau patah – patah atau berat pada laptop adalah suatu kondisi yang akan membuat setiap orang merasa jengkel. Meskipun jarang sekali terjadi, namun faktanya ada banyak orang yang mengalaminya. Memiliki laptop yang berat adalah salah satu hal yang sangat menjengkelkan terutama bagi anda yang sedang diburu oleh suatu pekerjaan tertentu. Sebenarnya ada berbagai macam cara atau tips menjaga laptop yang benar agar tidak berat. Berikut ini akan saya paparkan beberapa tips yang bisa anda jadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi laptop yang memiliki performa berat.

1 . Perbaiki Start Up

Pada dasarnya, laptop yang berat terkadang dipicu oleh aplikasi yang muncul atau hidup pada saat komputer atau laptop dinyalakan. Jika hal ini yang menjadi kendala, anda bisa memperbaikinya melalui start up. Matikan semua softwere yang dirasa tidak penting saat start up anda bisa melakukannya melalui komputer langsung maupun dengan menggunakan aplikasi khusus. Matikan semua aplikasi pada saat start up , tapi usahakan untuk tidak mematikan anti virus karena hal ini bisa membahayakan. Setelah menghentikan beberapa aplikasi, anda bisa merasakan performa laptop anda yang kembali menjadi normal.

2 . Perhatikan Batas Penggunaan Hardisk

C program, adalah partisi hardisk yang perlu anda perhatikan. Jika partisi C yang anda miliki sudah mulai mengindikasikan warna merah atau sudah mulai penuh, maka usahakan untuk menghapus beberapa data atau aplikasi di C yang sudah tidak anda gunakan. Jika anda biarkan maka performa laptop anda akan semakin berat dan tidak nyaman untuk digunakan. Selain itu, usahakan untuk tidak memasang banyak game dan juga aplikasi.

3 . Gunakan Kipas

Tips menjaga laptop agar tidak berat selanjutnya ialah dengan memasangkan kipas yang dikhususkan untuk laptop. Gunakan kipas terbaik agar sirkulasi udara yang dingin bisa masuk ke dalam laptop. Karena panas merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan performa dari suatu komputer maupun laptop tersebut menjadi berat dan bahkan hang. Jadi, usahakanlah untuk selalu menggunakan kipas untuk menanggulangi permasalahan semacam ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here