Perkembangan teknologi internet– Salah satu penyebab kegagalan para pelajar di Indonesia menjadi kekurangan ide dan kekreatifitasan diri adalah karena penggunaan teknologi internet yang dilakukan tidak dengan cara yang posifit. Internet seperti saja layanan pemberi kemudahan yang pasti bisa memberikan solusi setiap masalah.

Dan, pada kenyataannya, misalnya saja, pelajar lebih suka belajar melalui internet daripada membaca buku secara langsung dengan alasan penggunaan internet lebih mudah asal bermodal kuota dan jaringan.

Daripada membaca buku, butuh uang yang lebih banyak, belum lagi buku yang dibeli pasti tidak hanya satu buku mengingat mata pelajaran tidak hanya satu. Kalaupun harus meminjam, ketika telat pengembalian akan dikenakan sanksi atau berupa denda.

Bagi mereka pelajar yang lebih menyukai jalan pintas, yang demikian itu terlalu menyusahkan diri. Berbeda jika memakai ponsel, hanya tinggal membuka search engine, lalu ketik informasi yang diinginkan, maka keluarlah.

Dan, saat diberikan tugaspun mereka seringnya men-copas tulisan orang lain tanpa mencantumkan siapa penulisnya—plagiat. Lebih anehnya lagi cara negatif itu seakan dianggap biasa. Padahal, yang sebetulnya ia merupakan dampak negatif perkembangan teknologi internet yang harus diminimalisir.

Masalah ini bukan terletak pada pertanyaan kenapa perkembangan teknologi internet itu merusak? Tetapi, mengapa perkembangan teknologi itu dirusak? Teknologi akan berdampak positif atau negatif sesuai pada penggunaannya.

Teknologi berkembang karena tuntutan zaman. Tak dapat dipungkiri lambat laun teknologi makin canggih memenuhi kebutuhan manusia hingga terkadang manusia dibuat lena karenanya.

Maka, hendaknya sikap seorang pelajar yang baik, yang sudah mengenyam pendidikan, harusnya pelajar mampu bersikap lebih wajar. Bahwasannya penggunaan internet tidak boleh memiliki batas menjadi sangat ketergantungan.

Bolehlah jika hanya untuk memicu munculnya ide kemudian justru memunculkan ide yang lebih kreatif lagi, tetapi akan menjadi sangat buruk apabila pelajar sampai kehilangan kekreatifitasan diri. Sikapilah perkembangan teknologi internet ini dengan baik.

Cerdaslah dalam menggunakan media internet dalam proses pembelajaran. Sehingga dampak negatif itu tidak akan terus menjadi adat istiadat yang mendarah daging. Yang diharapkan adalah pelajar yang mampu berkembang dengan semua ide kreatifitasnya.