Peran dan fungsi komputer saat ini begitu sangat vital terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan jaringan internet. Internet digunakan untuk media komunikasi dan informasi yang saat ini sudah menjadi kebutuhan sebagian masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Banyak tips menjaga kinerja komputer dan laptop yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan dari orang yang ahli tentang computer

Jika kita dalam mengerjakan pekerjaan di kantor dituntut untuk selalu menggunakan komputer atau laptop, maka agar komputer atau laptop tersebut selalu dalam keadaan yang prima dan siap digunakan kapan saja, maka anda harus mengetahui cara yang cerdas untuk menjaga kinerja komputer sehingga kemampuannya akan selalu optimal dan siap untuk digunakan. Banyak tips menjaga kinerja komputer dan laptop yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan dari orang yang ahli tentang komputer. Peran dan fungsi komputer saat ini begitu sangat vital terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan jaringan internet.

Internet digunakan untuk media komunikasi dan informasi yang saat ini sudah menjadi kebutuhan sebagian masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Beragam pekerjaan yang berhubungan dengan internet, mulai dari bisnis online, perusahaan startup dan lain – lain. Untuk kegiatan administrative pun komputer sangat dibutuhkan karena perangkat ini memiliki kemampuan yang sangat handal dalam mengerjakan pekerjaan yang mungkin saja sulit dikerjakan secara manual, selain itu komputer memiliki kemampuan menyimpan data atau dokumen penting kita dengan sangat aman.

Ada beberapa cara cerdas sebagai bagian dari tips menjaga kinerja komputer atau laptop kita agar kondisi dan kemampuanya selalu optimal dan siap digunakan kapan saja dan dimana saja. Adapun tips menjaga kinerja komputer tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan pada saat proses startup. Proses Startup merupakan proses awal komputer Anda akan masuk pada Sistem Operasi Windows, jika pada proses banyak aplikasi yang dijalankan, maka secara otomatis kinerja sistem saat pertama kali masuk akan terasa berat dan lambat, hal ini sangat tidak dianjurkan dikarenakan kerja sistem yang terbebani untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan saat Startup.
  2. Hapus temporary file pada komputer atau laptop anda. Hapuslah temporary File yang terdapat dalam sistem karena file ini dapat mempengaruhi kinerja dari komputer yang mengakibatkan komputer menjadi lelet.
  3. Unisntall aplikasi yang tidak digunakan. Untuk penggunaan aplikasi pada komputer sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi komputer yang anda miliki, jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang kecil sebaiknya jangan terlalu banyak menginstal aplikasi pada komputer anda
  4. Lakukan disk clean up secara berkala. Tips menjaga kinerja komputer atau laptop selanjutnya adalah dengan disk clean up yaitu aplikasi bawaan Windows yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang sudah tidak digunakan lagi