teknologiAlat kedokteran adalah hasil teknologi yang berupa alat yang  digunakan dalam bidang kedokteran. Teknologi ini berfungsi untuk pemeriksaan, pemeliharaan, sampai pengobatan.

Banyak sekali alat berteknologi canggih di bidang kedokteran. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi kedokteran juga tidak mau kalah dalam menciptakan alat-alat kesehatan yang berteknologi tinggi.

Adapun alat-alat kesehatan dengan teknologi tinggi yaitu:

1. Stetoskop

Alat yang selalu menjadi simbol dari profesi dalam dunia kesehatan yaitu dokter. Alat ini berfungsi untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan suara lai di dalam tubuh yang mengindikasi terhadap gangguan kesehatan manusia. Dengan kemampuannya ini, Stetoskop bisa dikatakan mempunyai teknologi yang tinggi karena mampu mendengarkan suara yang tidak bisa didengar dengan pendengaran normal manusia.

2.Endoscopy

salah satu alat kedokteran yang memiliki fungsi untuk mendeteksi kelainan yang terjadi pada alat-alat pencernaan daerah tenggorokan.

3.Colonoscopy

Colonoscopy merupakan  alat kedokteran yang fungsinya hamper sama dengan Endoscopy yaitu untuk mengetahui kondisi saluran pencernaan bagian bawah seperti anus, usus besar dan usus halus.

4.Tensimeter

Alat teknologi kedokteran yang satu ini ini dipergunakan untuk mengukur dan melihat tensi atau tekanan darah. Alat ini juga digunakan untuk pemeriksaan pasien hipertensi, anemia, dan lain sebagainya. Alat ini menggunakan dua jenis teknologi yaitu dengan menggunakan teknologi air raksa dan juga teknologi digital.

Tensimeter dengan teknologi air saat ini sudah tidak dipakai lagi karena adanya indikasi bahaya jika air raksa yang ada didalamnya pecah. Penggunaan tensimeter berteknologi digital sangat banyak sekali. Tensimeter tersebut lebih akurat dan sangat aman bagi seluruh pasien.

5.Alat Cek Darah

Alat dengan tiga fungsi sekaligus ini memang menggunakan teknologi yang tinggi. Alat ini digunakan untuk melihat kadar gula darah, juga digunakan untuk mengecek asam urat dan kolesterol pada darah.

Demikian paparan tentang alat alat teknologi kesehatan yang terangkum dalam artikel ini. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi tidak hanya dalam lingkungan saja tetapi dalam kesehatan juga dibutuhkan. Semoga pengetahuan ini dapat berguna bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here