Penggunaan gadget untuk anak bisa mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak. Karena anak, terutama pada sebuah pendidikan anak tingkat usia dini dan anak tingkat SD kelas rendah, akan bisa belajar dengan cara yang baik apabila mereka bisa memanipulasi objek yang selalu dipelajari.

Misalnya dengan cara melihat kau mau mencium, merasakan, mendengar dan yang lainnya. Pendekatan pembelajaran secara discovery ataupun belajar menemukan dan pendekatan pembelajaran secara induktif lainnya akan sangat efektif dalam proses pembelajaran pada anak.

gadget Selain gangguan pada perkembangan kognitif, penggunaan gadget ini bisa mempengaruhi kemampuan berbahasa pada anak yaitu dengan batasan kosakata-kosakata yang baru karena kurangnya interaksi dengan yang lain secara langsung hal ini juga bisa diperkuat dengan pendapat beberapa ahli yang mengemukakan tiga prinsip utama pembelajaran yaitu belajar lewat interaksi sosial belajar aktif dan belajar lewat pengalaman sendiri.

Ketiga prinsip tersebut tentu sangat bertolak belakang dengan konsep belajar yang menggunakan gadget penggunaan gadget yang kurang tepat akan dapat mempengaruhi terhadap sikap anak. Anak tidak akan dapat memperoleh kondisi mental yang dapat mempengaruhi pilihan untuk dapat bertindak.

Hal ini dikarenakan anak hanya belajar dalam satu arah tanpa adanya umpan balik dari orang lain sehingga membuat anak akan kurang Mandiri dalam pengambilan sebuah keputusan. Namun perlu kita ketahui bahwa gadget bisa berdampak positif untuk anak jika dipergunakan dengan cara yang tepat. penggunaan dengan cara yang tepat maksudnya yaitu untuk dapat mempertimbangkan usia anak pada saat kita memberikan gadget.

Sebelum kita memberikan gadget, anak sebaiknya harus dibekali terlebih dahulu dengan pengetahuan dasar, jika gadget merupakan media belajar sekunder, yaitu media yang hanya bisa digunakan sebagai pelengkap ataupun pendamping ketika proses belajar gadget ini juga bisa membantu perkembangan fungsi adaptif seorang anak.

Fungsi adaptif merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di sekitar dan juga perkembangan zaman. Jika sekarang ini perkembangan zaman telah melahirkan gadget, maka anak pun harus mengetahui cara menggunakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here