Pada dasarnya sebuah perangkat seperti gadget dari smartphone memiliki RAM atau Random Access Memory yaitu salah satu komponen di smartphone Android maupun gadget lainnya seperti tablet dll. yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara.

RAM memiliki fungsi sebagai pendukung perangkat dalam mendapatkan koneksi atau terhubung ke internet. sehingga apabila RAM tersebut besar kapasitasnya, maka mengakses internet, browsing, gaming, dwonlod, dan streaming akan menjadi lancar.

gadget

Begitu pun sebaliknya. Artinya, bahwa semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh perangkat smartphone, maka semakin bagus pula kinerja smartphone tersebut. dan semakin kecil RAM, maka kemungkinan smartphone android itu akan lemot dan ngelag.

Ketahui cara mengatasi RAM agar berjalan dengan baik. Oleh karena itu jika anda membeli gadget atau smartphone maka pilihlah RAM yang mempunyai kapasitas Tinggi minimal 1GB.

Jika selama ini yang menjadi penyebab dan permasalahan yang muncul pada RAM adalah sering habisnya kapasitas free RAM, alias RAM cepat penuh. Hal tersebut tentunya akan mengganggu performa smartphone.

Berikut tips bagaimana cara mengatasi RAM Android atau gadget yang cepat penuh.

  1. Matikan aplikasi yang tidak sedang digunakan

Salahsatu penyebab RAM penuh dan membuat smartphone anda menjadi lemot adalah dengan munculnya beberapa aplikasi di layar handphone anda. Untuk mengatasinya matikan atau kill aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Anda bisa melakukannya melalui menu Settings, lalu pilih manager aplikasi, dan stop beberapa running app yang memakan banyak kapasitas RAM.

  2. Hapus aplikasi yang dapat memakan dan menghabiskan ruang           RAM.

Selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi RAM Android cepat habis adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang terinstal atau aplikasi yang dapat memakan RAM dalam jumlah besar. Dengan begitu kapasitas free RAM anda akan bertambah dan Smartphone Android anda akan bekerja secara normal dan optimal.

3.              Lakukan reboot secara rutin

Salah satu cara termudah jika HP Android anda adalah dengan merebootnya atau merestartnya. Dengan cara tersebut maka aplikasi yang menghabiskan banyak kapasitas RAM akan dikeluarkan dengan sendirinya dan HP Android anda menjadi lancar.

Itulah tips mengatasi RAM yang cepat penuh yang dapat mengganggu kinerja smartphone anda sehingga menjadi lemot digunakan dan membuat kesal bagi penggunanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here