Pada konteks hidup saat ini dengan semakin tingginya angka pengangguran dan berbanding terbalik dengan lapangan pekerjaan yang ada, menciptakan lapangan pekerjaan sendiri merupakan solusi yang dirasa sangat tepat sampai saat ini. Namun harus kita akui pada umumnya menciptakan sebuah lapangan pekerjaan yang lebih jauhnya dapat memberikan keuntungan secara pribadi, memang bukan sebuah perkara yang mudah dan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tetapi bagi anda yang hendak memulai bisnis namun dengan modal yang sedikit tentunya tidak perlu risau karena saya punya tips  memulai bisnis modal kecil yang patut anda coba.

Pertama menentukan jenis bisnis yang akan kita jalankan. Dalam menentukan jenis bisnis yang akan kita jalankan kita harus mempertimbangkan beberapa aspek, yang pertama jika modal anda terbatas maka pilihlah bisnis yang tidak terlalu membutuhkan modal yang besar contohnya toko online atau bisnis afiliasi. Dan selain didasarkan pada modal, dalam menentukan jenis bisnis pula kita harus memperhatikan aspek pengetahuan dan keahlian yang kita miliki. Jangan sampai anda melakukan sebuah bisnis namun anda tidak tahu bagaimana menjalankan bisnis anda dan bagaimana mengelolanya dengan baik.

Kedua adalah ikut terjun langsung ke dalam bisnis yang kita lakukan. Banyak dari kita yang hanya ingin menerima keuntungan tanpa harus repot mengurusi bisnis yang kita tekuni. Dan saya sarankan bagi anda yang baru memulai melakukan sebuah bisnis ada baiknya anda ikut terjun langsung ke dalam proses yang tengah berlangsung. Karena dengan begitu anda dapat mengetahui secara persis kebutuhan yang anda butuhkan dan lebih jauhnya anda dapat mengetahui secara persis barang atau uang yang masuk dan keluar, sehingga hal ini dapat meminimalisir kerugian yang dapat anda derita dan lebih jauhnya dapat diputar kembali menjadi modal belanja perusahaan atau toko.

Ketiga adalah mental dan ketekunan. Hal ini adalah hal yang paling penting dalam memulai sebuah bisnis, mental seorang pebisnis dan juga ketekunannya dalam melakukan sebuah bisnis adalah hal yang mutlak harus dimiliki. Karena terkadang bisnis yang kita jalankan tidak serta merta berjalan sesuai dengan harapan, dan mental pebisnis yang baik berkata coba lagi dan belajarlah dari kesalahan anda, dan jika anda tekun terhadap apa yang telah anda mulai bukan sebuah hal yang mustahil suatu saat semuanya akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Itulah beberapa tips bisnis modal kecil yang patut anda coba. Semoga sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here