Bisnis merupakan sebuah kegiatan menghasilkan keuntungan secara materi yang dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun, tidak terkecuali oleh kita para mahasiswa yang pada dasarnya memang membutuhkan uang tambahan untuk membantu keuangan kita sehari-hari. Tentunya bagi kita seorang mahasiswa bisnis akan terkendala dengan waktu, karena disamping kita harus fokus terhadap bisnis kitapun harus mempunyai fokus yang sama besarnya terhadap pembelajaran yang sedang kita lakukan. Ada banyak bisnis sampingan yang dapat kita lakukan dan di antaranya adalah sebagai berikut.

Bisnis yang pertama adalah dengan menjadi seorang penulis lepas, tentunya bagi kita seorang mahasiswa mestinya tidak asing lagi dengan istilah-istilah seperti artikel, resume, makalah dan lain sebagainya dan tentunya sebagian besar dari kita tentu pernah membuatnya. Hal ini bisa dijadikan sebuah modal berharga bagi kita untuk dapat memulai bisnis tersebut, selain itu modal yang perlu kita miliki adalah sebuah laptop atau sebuah komputer pc yang dapat membantu kita dalam pengetikan. Tulisan yang anda hasilkan dapat anda kirimkan ke surat kabar atau bahkan dapat anda tawarkan ke salah satu blog atau website.

Bisnis yang kedua adalah dengan membuka sebuah toko online, bisnis yang satu ini juga sangat menjanjikan terutama bagi kita para mahasiswa yang mempunyai keterbatasan waktu. Untuk membuka sebuah toko online sebenarnya tidak memerlukan modal besar, bahkan jika kita tidak mempunyai sebuah produk kita masih bisa menjalankan bisnis ini. Kita hanya perlu membuat sebuah desain toko online yang bagus dan menarik, hal ini dimaksudkan agar mereka para calon konsumen tertarik untuk berkunjung. Dan setelah itu anda tinggal mencari supplier produk yang dapat anda percaya secara kualitas hal ini dimaksudkan agar konsumen anda tidak kecewa dengan barang yang mereka beli setelah itu hal yang harus anda lakukan adalah dengan menshare alamat toko online anda kepada teman, kerabat, keluarga dan lain sebagainya. Dengan kemajuan dunia teknologi hal ini akan sangat mudah untuk dilakukan karena anda bisa melakukannya dengan bantuan media social seperti Facebook, Twitter, Instagram dan media-media social lainya. Dan itulah beberapa bisnis sampingan yang dapat kita lakukan, selamat mencoba dan semoga sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here