Daripada membuat diri kelaparan demi mendapatkan bobot tubuh yang diinginkan, lebih baik terapkan prinsip-prinsip ini untuk mengatur berat badan Anda.
Di akhir masa remaja, saya terobsesi berdiet dan menghitung kalori. Untung ada seorang teman yang peduli, merekomendasikan saya kepada seorang ahli diet sehingga saya mulai meninggalkan yogurt rendah lemak dan wortel segar.
“Membatasi makanan yang Anda konsumsi tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan,” kata sang ahli diet kepada saya. ”Anda malah akan memperlambat metabolisme tubuh dengan cara itu.” Wanita itu mengajarkan saya cara menjawab rasa lapar dan cara makan yang tepat, termasuk mengonsumsi menu lengkap dan sehat setiap kali merasa lapar. Sejak saat itu, inilah prinsip yang saya terapkan untuk mengatur berat badan.
Faktanya, metabolisme tubuh Anda turun dua persen setiap 10 tahun setelah Anda mencapai usia 20-an. Namun bukan berarti, berat badan Anda jadi tidak akan bertambah. Berikut ini adalah 10 cara sederhana untuk membuat tubuh Anda tetap terbakar:
1. Nikmati kopi atau teh hijau
Secangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan proses pembakaran kalori hingga dua jam ke depan. Teh hijau juga merupakan stimulator metabolisme yang kuat. Mengonsumsi kedua minuman itu secara teratur bisa membantu mempercepat penurunan berat badan Anda.
2. Optimalkan fungsi kelenjar tiroid
Ketika seorang pasien saya mengeluhkan berat badannya yang bertambah, saya segera memeriksa kelejar tiroidnya. Jika Anda merasa telah berjuang keras untuk mempertahankan berat badan lebih daripada biasanya, minta dokter untuk mengetes kelenjar metabolisme yang penting ini. Saat pemeriksaan itu, mintalah juga untuk dilakukan pengecekan diabetes.
3. Pastikan tidur Anda cukup
Tidur kurang dari tujuh jam sehari merusak kerja hormon yang mengatur metabolisme. Jika kurang tidur, Anda tidak memproses karbohidrat dengan efisien, dan hal itu akan meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.
4. Konsumsi makan pagi
Sarapan  yang bergizi akan meningkatkan metabolisme Anda hingga 10 persen, terutama jika Anda memasukkan sumber protein dan lemak sehat, seperti telur atau Greek yogurt, yang memiliki kadar protein  lebih tinggi daripada yogurt biasa. Menurut studi dari International Journal of Obesity pada 2010, makan pagi yang tinggi lemak sebenarnya membantu tubuh membakar lebih banyak karbohidrat dan lemak dalam sehari.
5. Minum air dingin
Minum air, terutama air dingin, dapat meningkatkan metabolisme dalam skala kecil. Hal itu karena tubuh Anda menggunakan energi untuk menghangatkan diri.
6. Konsumsi tiga sampai empat menu dengan porsi normal yang seimbang
Lupakan saran bahwa mengonsumsi lima sampai enam kali menu porsi ringan per hari dapat meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah penelitian dari University of Ottawa pada 2012, selama jumlah total kalori yang dikonsumsi tetap sama, tidak ada bedanya untuk metabolisme, jika Anda makan dengan porsi kecil, tetapi sering, atau makan dengan porsi besar, tetapi jarang. Meski demikian, pilihan terbaik adalah menghindari porsi besar saat makan malam, jika Anda ingin menurunkan berat badan. Lebih baik pilih makan besar saat sarapan. Tubuh Anda menyukai jadwal makan yang rutin; makan tepat pada waktunya setiap hari bisa memaksimalkan metabolisme dan menurunkan berat badan.
7. Latih otot Anda
Makin sedikit lemak yang ada dalam otot Anda, makin banyak kalori yang Anda bakar setiap hari. Ambil keuntungan itu dengan meregangkan kelompok otot besar, seperti otot pinggul dan pantat Anda. Bergeraklah, gunakan tangga di tempat kerja, atau susuri jalan menanjak.
8. Asup lebih banyak protein
Sebuah penelitian dari Journal of the American Medical Association pada 2012 menyebutkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi. Wanita seringkali kurang mendapatkan asupan protein, jadi tambahkan protein rendah lemak, seperti ikan, ayam atau telur, setiap kali makan, dan nikmati camilan kaya protein, seperti segenggam penuh kacang almond.
9. Nyalakan pembakaran dengan cabai
Zat capsaicin pada cabai merangsang sistem saraf dan memperbaiki metabolisme Anda setelah makan. Menambahkan cabai pada makanan juga membatasi selera Anda sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Kemampuan cabai dalam meningkatkan metabolisme akan bekerja lebih baik, jika cabai itu dikonsumsi secara rutin. Jadi jangan ragu menambahkan sedikit rasa untuk memanaskan hidup Anda!
10. Dapatkan asupan yang cukup
Seorang ahli dari McKinley Health Center di University of Illinois rupanya sependapat dengan ahli diet saya. Makan sedikit akan memperlambat metabolisme sampai 30 persen. Daripada membuat diri Anda kelaparan, lebih baik konsumsi makanan sehat dan olahraga dengan rutin untuk menurunkan berat badan. Lagipula, strategi itu lebih menyenangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here