5 Jenis Perkembangan Bayi yang Perlu Anda Ketahui

Pada 1.000 hari pertama kehidupannya, bayi mengalami perkembangan yang begitu pesat. Bayi baru lahir yang hanya bisa menangis, akan mulai menggenggam, tengkurap, belajar makan, merangkak, hingga berjalan di satu tahun pertamanya. Anda perlu mengetahui jenis perkembangan bayi untuk memantau tumbuh kembang optimal.

Jenis Perkembangan Bayi yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa jenis perkembangan pada bayi yang perlu Anda pantau untuk memastikan tumbuh kembangnya optimal. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Sensorik

Jenis perkembangan pada bayi pertama yang harus Anda kenali adalah perkembangan sensorik. Kemampuan sensorik sendiri adalah kemampuan yang berhubungan dengan indera tubuh. Indera tubuh sudah terbentuk sejak lahir. 

Indera meliputi indera penglihatan, perasa, penciuman, pendengaran, serta sentuhan. Anda harus memantau berbagai aspek penting tersebut untuk memastikan sensoriknya berkembang dengan baik. 

2. Motorik Kasar dan Halus

Ada dua jenis kemampuan motorik pada bayi yang harus Anda pantau yaitu halus dan kasar. Motorik halus melibatkan gerakan kecil seperti memasang kancing, menulis, dan lain-lain. Sementara motorik kasar berhubungan dengan gerakan besar seperti menenang, melompat, berjalan, hingga berlari. 

3. Kemampuan Bicara dan Bahasa

Kemampuan bicara dan bahasa bukan hanya sekedar Si Kecil bisa mengungkapkan kata-kata. Tapi, juga berhubungan dengan penyusunan kata-kata, pemberian respon, pemahaman terhadap ucapan saat diajak bicara, dan lain sebagainya.

4. Sosial dan Emosional

Kemampuan sosial dan emosional juga sudah ditunjukkan oleh anak sejak bayi. Biasanya, kemampuan tersebut berupa ekspresi yang ditunjukkan saat merespon sesuatu. Misalnya ekspresi senang dengan tersenyum atau sedih dengan menangis. Pantau juga bagaimana cara Si Kecil berinteraksi dan bertemu dengan orang asing.

5. Kognitif

Jenis perkembangan terakhir yang wajib Anda pantau adalah perkembangan kognitif. Kemampuan kognitif berhubungan dengan perkembangan otak anak. Kemampuan ini dipakai untuk berpikir, mengingat, kecerdasan, dan memecahkan masalah. 

Selain mengetahui jenis perkembangan bayi yang perlu Anda pantau. Anda juga harus memastikan kenyamanan bayi dengan popok yang tepat yaitu MAKUKU SAP Diapers. Popok ini memakai struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) yang lebih modern. Keunggulannya yaitu anti ruam, anti bocor, dan super tipis. Ayo dapatkan MAKUKU SAP Diapers di toko kesayangan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *