Tahapan Tumbuh Kembang Anak di Masa Toddler

Apakah Anda pernah mendengar istilah toddler? Toddler sendiri merupakan salah satu tahapan usia yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Seorang anak dikatakan berada pada masa toddler apabila usianya menginjak 12 bulan hingga 36 bulan. Ada beberapa tahapan tumbuh kembang anak yang terjadi masa toddler. Anda perlu mengetahuinya dan memberikan dukungan terbaik. Langsung saja berikut tahapannya:

Perkembangan Volume Otak

Perkembangan volume otak anak berjalan dengan pesat sejak mereka lahir hingga berusia 3 tahun. Ukuran atau volume otak anak akan berlipat ganda saat mereka masuk ke tahun pertama. Setelah dua tahun, volume otaknya sudah mencapai 80% milik orang dewasa.

Mulai Bereksplorasi

Anak di masa toddler sudah mulai ingin bereksplorasi. Hal tersebut terbukti dengan kemampuan berjalan dan berpikir yang semakin berkembang. Pada umumnya, anak akan mulai berjalan di usia 1 tahun. Ketika mereka berjalan, mereka paham jika sudah mulai bisa berjalan sendiri.

Daya Tahan Tubuh

Tahapan tumbuh kembang anak di masa toddler selanjutnya yaitu daya tahan tubuh yang semakin baik. Tubuhnya sudah mulai bisa menghasilkan antibodi yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Organ tubuhnya juga semakin sempurna misalnya sistem pencernaan sudah mampu mencerna makanan. 

tahapan tumbuh kembang anak
tahapan tumbuh kembang anak

Mulai Mandiri Melakukan Sesuatu

Anak di masa toddler sudah mulai mandiri dan melakukan beberapa hal sendiri. Biasanya ketika masuk usia 18 bulan, anak sudah mau mencoba makan sendiri. Mereka juga bisa memulai untuk toilet training dan melepaskan popoknya.

Kebutuhan Nutrisi

Perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan nutrisi anak ternyata lebih besar dibandingkan orang dewasa. Nutrisi tersebut digunakan agar tumbuh kembang anak bisa berjalan optimal. Kebutuhan nutrisi anak yaitu mencapai 2 kali dari orang dewasa.

Itulah tahapan tumbuh kembang anak di masa toddler. Anda bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya dengan memberikan stimulasi dan nutrisi. Lengkapi pemberian nutrisinya dengan susu Nestle Dancow 1+ Nutritods. Susu pertumbuhan tersebut untuk anak mulai usia 1 tahun hingga 3 tahun. Kandungannya lengkap dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak usia 1 hingga 3 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *