Tips Memilih Kartu kredit

Image result for Tips Memilih Kartu kredit

Bagi sebagian masyarakat yang tinggal di kota besar, credit card menjadi tolak ukur tingkat sosial di masyarakat. Semakin banyak credit card semakin tinggi pula tingkat sosial di masyarakat. Pengakuan dan eksistensi diri dalam masyarakat urban dapat meningkatkan pamor / gengsi di masyarakat. Sebagian yang lain menggunakan kartu kredit untuk aktivitas bisnisnya entah itu untuk penambahan modal ataupun untuk transaksi bisnisnya.

Namun kita harus cermat dalam memilih credit card agar tidak terjerat hutang bunga yang memberatkan. Beberapa tips memilih kartu kredit akan dipaparkan di artikel ini. Sebagai referensi untuk membantu memilih credit card yang baik.

Tips Memilih credit card dijelaskan sebagai berikut :

  1. Pilih Bank yang bereputasi baik

Hal paling penting dalam Pengajuan credit card adalah memilih bank dengan kredibilitas dan reputasi baik. Keamanan diutamakan dalam setiap transaksi. Biasanya bank yang bereputasi baik sudah memiliki lembaga penjamin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal ini penting, untuk meminimalisir resiko yang terjadi di kemudian hari. Resiko tersebut diantaranya: likuidasi bank, pencurian data pribadi. Semakin berkembangnya teknologi semakin berkembang pula tingkat kejahatan. Pencurian data pribadi sering dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan kartu di luar kuasa pemilik nya.

  1. Pertimbangkan Fasilitas yang ditawarkan

Saat ini banyak sekali bank yang berlomba – lomba memberikan fasilitas lebih untuk mendapatkan jumlah nasabah. Berbagai fasilitas menarik ditawarkan untuk meningkatkan jumlah nasabah dan manifestasi akan eksistensi bank tersebut menjadi lebih unggul dibandingkan yang lain. Semakin banyak nasabah semakin tinggi keuntungan yang diperoleh bank tersebut. Oleh sebab itu, Pertimbangkan fasilitas yang ditawarkan sebelum mengajukan permohonan credit card. Fasilitas jaga sangat penting untuk para pelaku bisnis,

  1. Pertimbangkan manfaat dan suku bunga nya.

Bank akan senantiasa memberikan bonus poin kepada nasabah nya,  terutama nasabah yang memiliki loyalitas tinggi. Oleh sebab itu Pertimbangkan manfaat dan keuntungan yang didapat jika memiliki kartu tersebut. Di sisi lain, bank juga akan memberikan suku bunga sebagai timbal balik atas penggunaan credit card tersebut. Mempertimbangkan poin ini juga sangat penting, agar tidak terjerat hutang bunga yang memberatkan.

  1. Pilihlah credit card yang sesuai dengan kondisi keuangan

Credit card memiliki 3 macam yaitu : silver, gold, platinum. Pertimbangan hal tersebut, karena setiap jenis credit card memiliki batas limit masing – masing. Dengan mempertimbangkan hal diatas harus sesuai dengan kondisi keuangan, sehingga penggunaanya dapat terkontrol sehingga tidak terjerat hutang bunga di kemudian hari.

  1. Pertimbangkan kepemilikan credit card.

Credit card memang menjadi tolak ukur sosial di masyarakat. Walau demikian, credit card pun bisa digunakan untuk memperlancar aktivitas bisnisnya. Oleh sebab itu, perlu dikaji ulang apakah credit card untuk kepentingan pribadi semata atau untuk kegiatan bisnis? Keinginan akan eksistensi diri dan gengsi di mata masyarakat lain menjadikan credit card tersebut hal yang penting untuk dimiliki. Namun, jangan sampai terjerat hutang di kemudian hari. Selain mempertimbangkan rasa gengsi pertimbangkan juga kegunaannya. Seberapa

 Pentingnya kepemilikan credit card tersebut.

Demikian beberapa poin penting yang harus di pertimbangkan sebelum memilih credit card. Ada pula sebagian orang memilih credit card untuk aktivitas bisnisnya tetapi tetap saja harus mempertimbangkan tips memilih kartu kredit.