Merawat kulit wajah agar tetap bersih dan cerah adalah hal yang harus dilakukan untuk tetap tampil percaya diri. Bukan hanya wanita saja, kebanyakan pria pun sekarang berlomba-lomba untuk selalu menjaga wajah tetap cerah. Karena, wajah kusam dapat menurunkan kepercayaan diri.

Di lansir dari thebodyshop.co.id, wajah yang kusam dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti dehidrasi, stress, kurang tidur, debu, sinar matahari, dan lain sebagainya. Untuk menjaga kulit agar tetap putih, bersih, dan cerah perlu disiplin melakukan perawatan wajah. Berikut beberapa cara merawat kulit wajah yang dapat kamu coba untuk memutihkan kulit wajah, mari kita simak informasinya:

1. Air beras

Salah satu cara merawat kulit wajah adalah dengan menggunakan air beras. Beras mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid, dan fenolic, yang seluruhnya merupakan antioksidan alami sehingga dapat membantu menghilangkan racun di kulit akibat dari radikal bebas. Kandungan antioksidan tersebut akan ikut larut pada saat beras dicuci.

Sehingga air hasil mencuci beras dapat digunakan untuk merawat kulit wajah. Selain mengandung antioksidan yang baik untuk kulit, di lansir dari suara.com, beras juga mengandung oryzanol yang dapat menangkal radiasi bersumber dari sinar ultraviolet.

2. Menggunakan Madu

Satu lagi bahan yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah yang memiliki kandungan antioksidan alami. Antioksidan yang terkandung pada madu dapat membantu untuk mengencangkan kulit wajah agar terlihat awet muda. Manfaat lain yang terkandung pada madu yaitu selain rasanya yang manis, sifat anti bakteri pada madu sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Sehingga, bakteri maupun kotoran tidak dapat masuk ke pori-pori kulit wajah.

3. Tomat

Sudah menjadi rahasia umum kalau tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak produk kecantikan dibuat dari tomat sebagai salah satu bahan bakunya. Selain vitamin A, C, dan K, kalium, dan folat, tomat juga mengandung lycopene yang berfungsi sebagai anti oksidan.

Seperti pada air beras, antioksidan pada tomat juga dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Itulah 3 cara merawat kulit wajah agar tampak lebih cerah.