Salah satu langkah pola hidup sehat adalah dengan menjaga dan mengatur pola makan. Makan yang baik dan tepat akan membawa dampak yang bagus bagi tubuh. Tentunya bukan memilih makanan secara asal dengan prinsip yang penting kenyang saja, melainkan harus mempertimbangkan kandungan gizi, nutrisi, dan tentu saja biaya.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk memperbaiki gaya makan, sehingga pola hidup sehat dapat dilakukan dengan baik:

  • Mengurangi Konsumsi Minuman Manis

Minuman manis menyebabkan tubuh merasa lapar terus-menerus. Itu sebabnya ketika sedang melayani diet, makanan dan minuman manis harus dicoret dari daftar konsumsi harian. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi air putih.

pola hidup sehat
pola hidup sehat
  • Ganti Camilan Dengan Buah

Mengonsumsi fast food, junk food, dan makanan ringan yang memakai pengawet tentu tidak baik untuk tubuh. Jadi menggantinya dengan buah-buahan tentu jauh lebih baik. Selain mengenyangkan, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting lainnya untuk tubuh.

  • Sarapan Tepat Waktu

Jangan skip sarapan Anda karena justru membuat nafsu makan menjadi lebih besar pada jam makan siang. Selain itu, pilihlah sarapan dengan karbohidrat yang rendah. Jika terlalu banyak konsumsi karbohidrat di pagi hari, Anda justru akan merasa kantuk ketika melakukan aktivitas.

  • Kurangi Penggunaan Garam

Anda boleh memakai garam, namun jangan lupa untuk mengurangi takarannya. Makanan yang terlalu asin akan menaikkan nafsu makan, tanpa Anda sadari sudah lebih dari sepiring nasi yang dihabiskan.

  • Sarapan dengan semangkuk sereal atau roti sudah cukup untuk menghasilkan energi di pagi hari hingga sampai waktu jam makan siang.
  • Di siang hari, konsumsi makanan yang berserat dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein sangat lambat dicerna sehingga tidak membuat Anda mengantuk ketika di kantor atau di sekolah.
  • Kurangi Makanan Yang Digoreng

Makanan yang digoreng dalam suhu tinggi biasanya kandungan nutrisinya sudah berkurang, selain itu terlalu banyak konsumsi makanan yang digoreng akan membuat kolesterol melonjak tajam. Pilih makanan yang diproses dengan cara direbus atau dikukus.

Yuk, tetap jalani pola hidup sehat, demi masa depan yang lebih baik!