Semakin ber pesatnya perkembangan zaman, semakin banyak pula berita teknologi yang diciptakan oleh para ahli teknologi saat ini. Banyak berita teknologi terbaru yang dapat kita gunakan saat ini dalam dunia pertanian, perkembangan teknologi ini sangat membantu bagi para petani untuk bekerja di ladang mereka. Misalnya memanen padi atau pun menanam padi.

Namun sekarang ada alat yang bernama Mesin penanam padi untuk melakukan pekerjaan menanam padi tanpa harus dibantu oleh banyak pekerja. Ada dua tipe dalam pengoperasian alat ini yaitu.

Berita Teknologi Terbaru
Berita Teknologi Terbaru
  1. Transplanter tipe berjalan (walking type)

Pada tipe ini petani ikut berjalan secara perlahan tepat dibelakang mesin penanam ini sambil mengarahkan mesin dalam penanaman di area persawahan. Persedian benih padi dapat diletakkan pada rak yang telah tersedia pada alat tanam sehingga bila ada kekurangan pada tray penanam dapat langsung diisikan. Penanaman dapat dilakukan dengan satu orang namun dalam pelaksanaannya dapat dibantu oleh satu orang lagi agar mempercepat proses pengisian benih.

2. Transplanter tipe mengendarai (riding type)

Pada tipe ini pengoprasiannya tidak jauh berbeda dengan trasnsplanter tipe berjalan, yang membedakan hanyalah penanam dapat mengendarai mesin tanam seperti layaknya sebuah kendaraan mini sehingga memudahkan dan meringankan penanam tanpa harus berjalan. Dalam pengoperasiannya dibutuhkan tenaga pembantu untuk meletakkan benih pada tray pada saat menanam.

Ada satu alat lagi yang dapat memudahkan para petani untuk membantu memanen padi yaitu mesin panen padi. Namun, Ada beberapa jenis mesin panen padi, yaitu :

3. Reaper

Diantara berbagai jenis reaper manual, tipe tarik adalah yang paling ringan dan praktis. Alat ini dapat digunakan untuk mengumpulkan padi dengan kinerja 2 kali sabit. cara pemakaiannya sambil berdiri, maka kelelahan kerja akan lebih ringan. Mata pisau digunakan untuk memanen sekitar 0,1 ha tanpa harus diasah.

4. Binder

Binder  memiliki bagian pemotong untuk satu sampai empat alur tanam. Pada binder memiliki enjin sendiri Padi yang telah dipotong akan langsung diikat menjadi 1 hinga 2 kg ikatan dan kemudian direbahkan ke satu sisi yang sama.

5. Combine harvester

Pada mesin ini hanya mengumpan pada bagian malainya saja dari padi yang dipotong ke bagian perontok mesin. Gabah hasil perontokan dapat ditampung dalam karung penampung gabah sementara.

Itulah beberapa berita teknologi terbaru dalam dunia pertanian yang dapat kamu coba sebagai alternatif untuk bercocok tanam