Membeli rumah murah di Bandung khususnya sektor perumahan memang bukan hal yang mudah. Hal ini disebabkan karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Pertimbangan tersebut menyangkut hal-hal yang personal dan juga hal-hal yang wajib untuk diperhatikan. Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut? Mari simak ulasan hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan membeli rumah murah di sektor perumahan berikut ini.

Lokasi dari rumah
Di setiap perumahan ada 2 jenis sektor perumahan yang bisa anda pilih yaitu sektor luar dan juga sektor dalam. Sektor ini dipilih berdasarkan dengan kepentingan anda. Jika anda ingin akses yang lebih mudah dan cepat anda bisa memilih rumah murah Bandung yang berada di sektor luar. Tapi jika anda ingin kondisi rumah yang lebih tenang anda bisa memilih bagian sektor dalam dari perumahan.

Selain memilih sektor dalam ketika anda ingin suasana lebih tenang, anda juga bisa memilih sketor dalam perumahan ketika anda memiliki anak yang masih kecil. Anak yang masih kecil cenderung lebih aktif dan penasaran dengan banyak hal. Hal ini menyebabkan mereka sering kali keluar rumah secara tiba-tiba untuk memenuhi rasa keingintahuannya. Jika anda memilih sektor luar dari perumahan, mungkin hal ini akan lebih berbahaya bagi anak anda. Oleh karena itu ketika anda memiliki anak yang masih kecil memilih perumahan di sektor dalam akan lebih bijaksana.

Posisi rumah
Posisi rumah juga merupakan salah satu hal yang perlu dipikirkan sebelum anda membeli rumah di perumahan. Posisi rumah berkaitan dengan dimana posisi rumah dan juga dimana arah rumah menghadap. Memilih posisi rumah sesuangguhnya juga disesuaikan dengan yang anda inginkan. Menentukan posisi rumah terkadang cukup penting bagi sebagian orang, hal ini bisa menyangkut kepercayaan atau mitos. Selain itu menentukan arah hadap rumah dalam memilih rumah murah Bandung juga bisa dilakukan untuk mendapatkan cahaya matahari yang diinginkan.

Ketika anda ingin memiliki rumah yang mendapatkan cahaya matahari secara langsung, anda bisa memlih rumah dengan arah timur atau barat. Anda bisa memilih apakah anda ingin mendapatkan cahaya pagi atau cahaya sore. Tapi jika anda tidak ingin mendapatkan cahaya matahari secara langsung, memiliki rumah yang menghadap ke utara atau selatan akan sangat menguntungkan bagi anda.

Selain arah hadap rumah posisi rumah juga penting untuk dipilih. Bagi anda yang ingin memiliki bagian rumah dan tanah yang cukup besar di perumahan, anda bisa memilih rumah yang berada di posisi hook. Rumah yang berada di posisi hook biasanya merupakan rumah yang mendapatkan sisa tanah kavling. Hal ini cukup menguntungkan bagi anda karena anda bisa mendapatkan keuntungan dan bisa mendapatkan lahan tambahan ketika anda ingin melakukan improvisasi terhadap rumah murah Bandung anda dengan cara renovasi. Meskipun posisi rumah dibagian hook ini menguntungkan, tapi biasanya harga rumah pada posisi hook ini lebih mahal dari harga rumah yang berada di posisi tengah karena lahan tambahan yang akan didapatkan.

Gaya pembelian rumah
Ketika anda akan membeli rumah baru di area perumahan, anda perlu memilih jenis atau gaya pembelian rumah yang anda inginkan. Ada 2 gaya pembelian rumah yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara membelinya secara langsung atau membeli secara inden. Membeli rumah murah Bandung secara langsung adalah membeli rumah di perumahan yang sudah siap digunakan.

Rumah yang siap digunakan ini merupakan rumah yang ketika anda beli langsung bisa anda tempati. Anda hanya perlu menambah dan mengurangi hal-hal yang anda inginkan dan anda bisa langsung menggunakan rumah tersebut. Sedangkan membeli rumah secara inden adalah gaya pembelian rumah yang dilakukan dengan membeli rumah yang belum jadi. Artinya anda akan mendapatkan desain rumah dan ketika anda membayarnya rumah baru akan dibangun oleh pihak developer.

Membeli rumah secara langsung dan juga inden memiliki nilai plus dan minus masing-masing. Apa saja nilai plus minusnya? Mari simak ulasan berikut ini.

• Membeli rumah secara langsung
Membeli rumah murah Bandung secara langsung memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah uang yang anda gunakan untuk membeli rumah sudah jelas akan anda gunakan untuk membeli sebuah rumah. Artinya tidak ada ruang bagi para developer untuk melakukan penipuan dalam pembangunan rumah anda. Sayangnya ketika anda membeli rumah secara langsung dan anda tidak menyukai sesuatu bagian, anda harus melakukan renovasi sendiri yang pastinya memakan lebih banyak uang.

• Membeli rumah inden
Kebalikan dari membeli rumah secara langsung, ketika anda membeli rumah murah Bandung di perumahan secara inden, maka kelebihan yang bisa anda dapatkan adalah anda bisa membangun rumah sesuai dengan yang anda inginkan. Artinya ketika anda membeli rumah secara inden, anda akan mendapatkan rencana pembangunan dari developer. Ketika anda melihat ada yang kurang dari rencara tersebut, anda bisa mengajukan perubahan desain dari rumah yang akan anda beli tersebut.

Meskipun hal ini akan membuat anda mengeluarkan lebih banyak uang, tapi jumlah uang yang anda keluarkan tidak akan sebesar jumlah uang yang akan anda keluarkan ketika melakukan renovasi pada rumah yang sudah jadi. Sayangnya ketika anda membeli rumah secara inden, masalahnya bisa terdapat pada proses pembangunan. Jika anda tidak memilih developer perumahan yang terpercaya, bisa saja proses pembangunan rumah anda tidak kunjung selesai sehingga membuat anda lebih kesulitan di kemudian hari.

Bagi anda yang ingin memiliki rumah murah Bandung memang perlu banyak persiapan. Hal ini disebabkan karena membeli rumah bukan merupakan hal yang mudah. Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk memiliki sebuah rumah dan untuk melakukan penjualan di kemudian hari bukan hal yang mudah. Oleh karena itu ketika anda berniat membeli rumah, pastikan bahwa anda cocok dengan rumah tersebut baik dari segi posisi, lokasi dan lainnya agar anda tidak perlu berpindah-pindah rumah dan menghabiskan banyak uang untuk melakukan pindahan rumah.

Satu lagi yang perlu anda lakuakn ketika akan membeli rumah murah Bandung, ketika anda akan membeli rumah di perumahan, pastikan anda mengetahui dokumen-dokumen yang seharusnya anda dapatkan ketika membeli rumah agar tidak ada masalah yang berarti di kemudian hari.