Kuliah Jurusan Broadcasting- Siapa yang tidak suka tampil di layar kaca, merancang suatu program radio, atau memproduseri acara televisi berating tinggi? Kelihatannya menyenangkan, ya. Ide produktif kita dimanfaatkan dan dicari, pekerjaan yang tidak monoton, dan yang pasti penuh kreasi. Jika itu profesi yang kamu inginkan, kuliah jurusan broadcasting adalah pilihan yang tepat. Jurusan ini adalah anak dari Jurusan Ilmu Komunikasi.

Tapi jangan salah, walau kelihatan selalu have fun, sebenarnya bekerja di bidang broadcasting penuh tantangan, dan kuliah nya pun tidak sembarangan. Seandainya kamu memang ingin kuliah jurusan broadcasting, maka paling tidak lima hal di bawah ini harus kamu persiapkan sebaik-baiknya.

  1. Fisik yang kuat dan sehat

Bekerja di bidang penyiaran dan media butuh waktu 24 jam. Bukan seperti pekerja kantoran biasa yang masuk jam delapan pagi dan pulang jam lima sore, kamu bakal mendapat jam kerja yang nyaris tidak teratur. Bisa saja kalian bakal rapat pukul sembilan malam, atau tiba di lokasi siaran jam dua dini hari.

Nah, saat kuliah pun kamu akan merasakan hal yang sama. Tugas dan deadline sudah mengantri untuk dipenuhi. Teori dan praktik akan kamu jalani setiap hari agar ilmu dapat diserap sempurna. Semua ini butuh fisik dan kesehatan yang prima. Maka persiapkan fisikmu, jaga kesehatanmu.

kuliah jurusan broadcasting
Kuliah Jurusan Broadcasting
  1. Kemampuan interpersonal yang baik

Belajar dan bekerja di bidang broadcasting adalah kerja tim. Saat kuliah, tugas dan presentasi kebanyakan adalah kerja kelompok. Jika pun ada yang harus kamu kerjakan sendiri, hal itu akan terkait juga dengan pekerjaan individu lainnya.

Selain itu, kamu juga harus berlatih mewawancara, menyiapkan konsep, yang semuanya butuh kecerdasan interpersonal yang baik. Saat bekerja, prestasi yang dinilai juga prestasi tim. Maka, untuk kamu yang lebih suka dan bisa bekerja secara individu, pikirkan lagi sebelum memilih jurusan ini.

  1. Persiapan materi yang cukup

Dana adalah salah satu poin penting saat kamu belajar di Jurusan broadcasting. Bukan hanya untuk keperluan reguler mahasiswa seperti buku-buku dan alat tulis, juga untuk beberapa peralatan seperti kamera, tripod, pelantang, atau recorder. Tentu saja kamu bisa meminjam dari kampus, tapi pastinya harus bergantian dengan teman-teman yang lain.

  1. Mental baja

Jangan cengeng dan mudah baper, karena sesungguhnya dunia broadcasting adalah dunia yang keras. Dibentak produser, dikejar deadline, narasumber ingkar janji, adalah hal yang biasa. Saat kuliah pun kamu akan berlatih menghadapi hal yang sama.

  1. Pilih kampus yang tepat

Ada banyak kampus yang menawarkan jurusan broadcasting. Tapi jangan sampai salah pilih, karena pasti akan mempengaruhi kualitas kamu sebagai lulusannya. Salah satu kampus yang ciamik dan menyediakan jurusan ini adalah International Design School di Jakarta. Selain fasilitas yang lengkap seperti laboratorium, film set,  dan audio production room, IDS juga memiliki dosen-dosen yang mumpuni dan berpengalaman di bidangnya.

Di kampus ini kamu bisa belajar tentang desain animasi, film, digital marketing, user experience, dan tentu saja broadcasting. Pastinya IDS bisa menjadi salah satu kampus yang diperhitungkan. untuk info lengkapnya.

Nah, lima hal di atas semoga bisa membantumu menentukan pilihan untuk tetap kuliah jurusan broadcasting atau memilih jurusan lain. Tetap semangat, ya.