Kesehatan Bayi – Ketika bayi masih berumur 0-6bulan, bayi hanya bisa mengkonsumsi asi saja. namun tidak semua ibu dapat memberikan asi secara eksklusif kepada buah hatinya. Asi sangat berguna bagi kesehatan bayi. Ketika ibu tidak bisa memberikan asi maka terpaksa mereka harus mengganti asi dengan susu formula.

Ada banyak hal yang melandasi hal tersebut seperti asi tidak mau keluar, asi keluar tetapi hanya sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan bayi atau karena adanya penyakit yang diderita sang ibu. Mungkin menjadi sebuah hal yang pahit dan menyedihkan untuk seorang ibu ketika tidak bisa menyusui buah hatinya. Terlebih kandungan asi yang tidak bisa digantikan oleh apapun, bahkan susu formula sekalipun.

Kesehatan Bayi
                                                              Kesehatan Bayi
  • Asi eksklusif penting untuk kesehatan bayi.

Setelah bayi berumur di atas umur 6 bulan, bayi bisa diberikan makanan pendamping atau bisa disebut mpasi.Mpasi tidak boleh diberikan kepada bayi saat masih berumur dibawah umur 6 bulan, karena bisa mengganggu kesehatan bayi dan tumbuh kembangnya. Untuk ibu yang mempunyai banyak waktu untuk  memasak mpasi sangat disarankan untuk membuatnya sendiri.

Jika tidak mempunyai banyak waktu ibu bisa memberikan jenis buah buah segar yang bertekstur lunak dan lembut serta mempunyai nilai gizi yang tinggi misalnya alpukat, papaya, atau pisang. Atau bisa juga membeli mpasi instan yang sudah banyak dijual dipasaran.Tetapi tetap disarankan untuk tetap menyiapkan mpasi sendiri, karena lebih terjamin kebersihannya.

  • Mpasi sebagai pendamping asi yang berguna untuk kesehatan bayi.

Agar bayi kita tumbuh menjadi anak yang sehat dan tumbuh kembangnya baik, maka harus diberikan asi secara eksklusif dan mpasi yang bergizi dan berkualitas. Berikanlah asi minimal 6 bulan, setelah 6 bulan bisa diteruskan sampai anakberumur 2 tahun. Selain asi, usahakanlah untuk membuat mpasi bayi sendiri. Selain kita akan lebih tahu gizi yang terkandung dan kebersihan yang terjaga.

Buatlah berbagai macam jenis mpasi yang menarik. Sebagai ibu, harus pandai mengkreasikan berbagai jenis mpasi untuk buah hati.Sebagai orang tua, kita mempunyai kewajiban untuk memberikan yang terbaik untuk anak.Hal in perlu dilakukan agar kesehatan bayi tetap terjaga.

Kesehatan bayi sangat bergantung kepada pemberian asi eksklusif dan mpasi yang bergizi.