Komputer merupakan sebuah perangkat yang saat ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, semua orang sudah pasti sangat familiar dengan istilah ini. Ya, komputer merupakan alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut perintah yang di instruksikan. Komputer terdiri dari beberapa unit kesatuan kerja, yaitu unit pemasukan data, unit pengeluaran data, unit penyimpanan data dan unit pengontrolan data. Begitu besarnya peran kegunaan komputer dalam kehidupan manusia dewasa ini. Komputer bukan hanya digunakan untuk membuat sebuah naskah saja, namun lebih dari itu komputer bisa digunakan untuk membantu pekerjaan – pekerjaan berat yang menuntut tingkat ketepatan yang optimal.

Banyak lembaga pemerintahan dan perusahaan swasta yang menggunakan komputer untuk mengerjakan pekerjaan – pekerjaannya yang tidak mungkin bisa dilakukan oleh manusia. Agar komputer atau laptop selalu dalam keadaan prima dan siap digunakan, maka kita berkewajiban menjaga kinerja komputer atau laptop tersebut semaksimal mungkin. Diperlukan tips menjaga kinerja komputer atau laptop agar perangkat tersebut selalu siap digunakan kapan saja dan dimana saja.

Bagaimana tips menjaga kinerja komputer atau laptop tersebut ? pada artikel ini akan diberikamn penjelasannya. Adapun tips menjaga kinerja komputer atau laptop agar senantiasa selalu siap jika akan digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Perbesar kafasitas RAM dan Harddisk. Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer.
  2. Hapus file – file sementara atau sampah pada recycle bin. File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. 
  3. Ununstall program yang tidak penting. Untuk apa menginstal program yang tidak digunakan. Sayang jika menginstal program yang hanya membuang ruang hard disk anda.
  4. Minimalkan program yang berjalan pada startup. Semakin banyak program yang berjalan pada startup menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kinerja suatu komputer menurun. Disarankan anda untuk menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di startup
  5. Install anti virus. Anda harus menginstal antivirus yang tepat, bukan antivirus yang malah memperlambat kinerja komputer/ laptop anda

Demikianlah beberapa tips menjaga kinerja komputer atau laptop yang anda miliki agar komputer anda tersebut selalu prima dan siap untuk digunakan pada kondisi apapun baik untuk pekerjaan ringan atau pekerjaan yang berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here