Kecanggihan teknologi digital saat ini sduah merambah ke berbagai alat digital yang sudah ada sekarang. Salah satunya adalah kamera. Dulu kamera manual membutuhkan film supaya dapat menyimpan objek gambar yang kita potret. Setelah film kamera tersebut terisi gambar objek yang kita potret baru dapat berubah menjadi sebuah foto dengan media kertas apabila sudah dicuci di studio foto.

Rangkaian proses yang lumayan panjang tersebut dapat dipangkas dengan lahirnya teknologi kamera digital yang lebih populer dengan sebutan “Cam-D”. Perkembangan kamera digital pun sekarang semakin canggih sejalan dengan canggihnya masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital dan teknologi jaringan internet yang semakin mudah diakses sekarang.

Salah satu kebiasaan atau budaya masyarakat yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi digital dan jaringan internet adalah budaya selfie atau maraknya vlog. Alat digital yang menjadi modal utama budaya selfie dan kepemilikan vlog ini adalah sebuah kamera digital yang difasilitasi kemampuan menyimpan file dengan kapasitas yang mumupuni, menyajikan sajian warna yang cukup bagus, juga memiliki koneksi terhadap internet yang mudah. 

Biasanya, saat ini masyarakat memnfaatkan camera yang sudah terpasang pada sebuah smartphone. Mungkin hal itu dipengaruhi oleh kepraktisan yang ditawarkannya. Karena smartphone sudah dilengkapi dengan fasilitas koneksi internet yang mumpuni.

Namun kelemahan dari smartphone tersebut adalah kualitas gambar yang tidak sebagus dari khusus kamera digital. Kamera ini sudah mmpunyai kekuatan rtesolusi sampai 20 Mega Pixel bahkan lebih.

Sementra untuk kamera yang terpasang pada smartphone hanya memilki kekuatan rata-rata hanya 13 Mega pixel saja. Oleh karena itu, jika Anda sebagai peminat selfie atau creator vlog, gunakanlah kamera khusus yang sudah mendukung semua kebutuhan berkreasi di dunia maya tersebut.

Adapun kisaran harga yang ditawarkan untuk kamera tersebut adalah dari harga 3,5 juta hingga belasan juta rupiah. Semua produk kamera tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda sesuai dengan harga yang ditawarkan. misalnya saja kamera dengan kisaran harga 3-4 juta rupiah memiliki kekeuatan kamera 20 mega pixel, memiliki koneksi pada USB, micro SC, Dan wifi, dan memiliki plif screen. Tetapi kelemahannya pada kekuatan baterai yang hanya mampu digunakan setengah jam saja untuk aktivitas merekam video.