Keberadaan Gadget saat ini memang telah mewabah kemana-mana bahkan sampai ke daerah pelosok-pun sudah ada. Kebanyakan orang terkadang terlalu asik memainkan fitur-fitur canggih yang tersedia pada Gadget sehingga sering kali membuat Anda mengabaikan kehidupan di sekitar.

Sebetulnya, boleh saja Anda bermain dengan Gadget tapi harus dalam batas kewajaran jangan sampai mengabaikan hal-hal yang berada  di sekeliling, terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil yang masih berada dibawah pengawasan.

Jangan biarkan anak Anda menjadi celaka karena kurang nya pengawasan dari Anda yang terlalu focus bermain dengan Gadget. Jangan sampai kurang bersosialisasi dengan orang sekitar Anda karena Anda menganggap Gadget telah menyediakan segalanya, jangan lupa bahwa

Anda-pun akan sangat membutuhkan orang-orang sekitar. Jangan biarkan orang terdekat Anda merasa cemburu dan mengeluh karena Anda lebih asik dengan Gadget ketimbang ngobrol dengan mereka.

Coba lakukan beberapa tips berikut ini agar Anda bisa menggunakan Gadget secara bijak.

  • Prioritas.

Kebanyakan dari Anda saat pertama kali bangun tidur adalah langsung mencari handphone entah itu sekadar untuk melihat notifikasi social media, membalas BBM, atau mengecek e-mail. Tetapi untuk selanjutnya cobalah memulai hari dengan membuat secangkir kopi sambil meluangkan waktu dengan mengobrol ringan bersama keluarga sebelum Anda berangkat ke kantor. Meskipun akan terlihat sulit tapi patut untuk Anda coba.

  • Jauhkan Gadget.

Ketika berada dalam acara bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja, usahakan untuk menjauhkan Gadget dari pandangan Anda. Jika Anda menaruh Gadget di depan Anda segala notifikasi dari Gadget akan mengganggu perhatian Anda, dan Anda-pun akan lebih focus pada Gadget tersebut dibandingkan orang-orang yang berada di dekat Anda. Jangan buat mereka sakit hati dan merasa kurang mengasikan untuk Anda, lebih baik simpanlah Gadget di dalam tas dan berikan perhatian penuh pada orang yang sedang berbicara dengan Anda.

  • Selalu upayakan tatap muka.

Anda harus membatasi mengirim pesan instan via BBM, Whatsapp, Line, dsb. Pada keluarga terdekat dan teman kantor. Luangkanlah waktu untuk menemui mereka lewat komunikasi langsung/tatap muka dan sampaikan apa yang ingin Anda maksudkan. Tidak harus menghabiskan banyak waktu cukup membuat mereka menjadi sesuatu yang berharga.

Demikian tips dalam menggunakan Gadget secara bijak yang bisa Anda coba.