Pendidikan merupakan sesuatu yang harus kita perjuangan.Sekalipun kita itu harus memperjuangkannya di tempat yang jauh. Kita akan rela untuk merantau ke negara lain, yang mungkin saja kita belum pernah mengetahuinya.untuk dapat menuntut masa depan kita. Meskipun berat, hal seperti ini menjadikan nilai plus sebagai anak rantau. Banyak sekali kisah atau cerita inspiratif yang bisa kita jadikan sebagai motivasi untuk menjadikan hidup ini menjadi lebih baik.

Berikut ini perjuangan anak rantau yang harus kita ketahui :

  1. Kita akan terpaksa untuk hidup mandiri lebih awal ketika dibandikan dengan teman-teman kita. Di tempat yang masih terbilang baru, kita harus memulai semua sesuai sejak awal. Kita harus melakukannya sendirian seperti kita harus mencari tempat tinggal, mencari tempat makan yang sesuai dengan keuangan yang kita miliki dan harus berkenalan dengan teman yang baru. Disini kita akan diuji kemandirian kita karena tidak adanya orang tua dekat kita.
  2. Kita harus rela bertahan di tanah rantau padahal liburan sudah tiba dikarenakan kita tidak ingin menjadikan kita sebagai beban ekonomi keadaan orang tua. Sebenarnya kita menyadari bahwa orang tua kita tidak pernah melarang kita untuk pulang dikarenakan orang tua selalu berusaha mencari finansial untuk membuat anaknya bisa mempunyai masa depan yang cerah dengan cara menyekolahkan ke luar negeri.Namun kita harus selalu berusaha untuk selalu menghapus air mata dan juga berusaha untuk selalu kuat supaya tidak selalu merepotkan orang tua.
  3. Liburan adalah sebuahmomen yang sangat berharga untuk kita bertemu dengan keluarga.Namun pada umumnya tidak semuanya anak rantau itu dapat menikmati liburan. Kita hanya bisa melampiaskan liburan tersebut dengan rasa rindu dengan caramelihat foto keluarga. Selain itu, ketika libur dan kita tidak bisa pulang, kita pastinya akan mencari kesibukan sendiri seperti jalan-jalan, mengerjakan skripsi, mendengarkan lagu Indonesia, bahkan kita bisa mengelilingi daerah kampus yang luas.
  4. Merantau merupakan pilihan untuk sebuah pendidikan yang terbaik di masa yang akan datang. Semua hal tersebut dilakukan untuk sebuah kesuksesan. Anak rantau akan rela untuk tidak pulang kampung dan juga akan menahan rasa rindunya untuk sebuah kesuksesan di masa yang akan datang yang membanggakan bagi keluarga di tanah air. Ketika liburan, kita hanya bisa berjuang untuk bisa pulang di lain waktu dengan membawa gelar sarjana dan mungkin saja membawa banyak uang karena sudah bekerja agar bisa membeli kebutuhan rumah yang ada di tanah air.

Satu-satunya hal yang dapat memotivasi kita selamakita merantau yaitu berjuang untuk bisa kembali ke tanah air. Seberapa susahnya diri kita selama merantau, kita akan memahami bahwa kita pasti akan kembali ke tanah air dengan membawa kesuksesan dan bisa membuat orang tua menjadi bangga. Itulah cerita inspiratif anak rantau yang bisa dijadikan sebagai motivasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here