Sayuran merupakan bahan makanan yang sudah terkenal akan berbagai manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh. Hal ini karena banyaknya nutrisi yang terkandung pada setiap sayuran, adanya nutrisi ini tentu menjadikannya sangat baik untuk dijadikan sebagai menu harian.

Akan tetapi berbagai nutrisi penting yang ada dalam sayuran ini bisa saja hilang jika dalam cara mengolahnya salah sehingga berbagai nutrisi penting seperti gizi dan mineral bisa rusak dan menguap sia-sia.

tips memasak

Untuk mengantisipasinya maka diperlukan tips memasak sayuran yang memang dapat menjaga akan berbagai nutrisinya dan tentu saja enak dikonsumsi.

Untuk anda yang ingin memasak sayuran dengan cara yang baik supaya berbagai nutrisinya tdak hilang, maka tips memasak sayuran berikut ini dapat dilakukan untuk bisa mendapatkan menu makanan sayuran yang enak dan juga sehat.

  1. Lakukan dengan mengukus sayuran. Memasak sayuran dengan cara mengukusnya dapat menjaga akan berbagai nutrisinya supaya tidak hilang. Selain itu dengan cara ini juga dapat membuat sayuran untuk matang lebih cepat.
  2. Lakukan dengan memanggang. Untuk memanggang sayuran yang harus diperhatikan yaitu akan adaya kandungan air yang tinggi sehingga tidak membuat sayuran menjadi kering. Untuk hal ini jenis sayuran dari akar-akaran akan sangat cocok untuk dipanggang, seperti bawang, tomat, dan juga kentang. Dengan cara ini sebagian besar nilai gizinya akan tetap terjaga.    
  3. Lakukan dengan memasaknya tanpa air. Tips memasak sayuran selanjutnya supaya terjaga akan nutrisinya maka dapat dilakukan dengan memasaknya tanpa menggunakan air. Cara ini sangat cocok untuk jenis sayuran yang memiliki daun hijau karena mengandalkan air yang menempel pada daun sayuran tersebut. Untuk lama memasaknya dengan cara ini juga tidak terlalu lama karena membutuhkan waktu sekitar 3 atau 5 menit.
  4. Memasaknya tidak sampai betul-betul layu. Cara lainnya untuk tetap bisa mendapatkan kondisi sayuran yang matang namun berbagai nutrisinya tidak hilang dapat dilakukan dengan memasaknya hanya sebentar saja. Cara ini hanya untuk mendapatkan sayuran layu saja namun tidak betul-betul layu karena telrlu lama dimasak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here