Penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari dampak positif dan negatif pada diri sendiri maupun orang lain, apabila kita menggunakan gadget sesuai dengan ebutuhan , maka tidaklah jadi masalah, namun jika menggunakan gadget terlalu berelbihan dan tidak membawa manfaat, maka akan berdampak buruk bagi diri sedndiri mapun lingkungan sekitar.

Pada dasarnya gadget diciptakan untuk melengkapi atau menunjang aktifitas sehari-hari manusia dalam membantu menyelesaikan segala pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, saling beriteraksi, berkomunikasi dan bersosialisasi dalam kehidupan dunia maya, namun adakalanya orang-orang lebih memprioritaskan interaksi atau sosialisasi di dunia maya dibandingkan dengan dunia yang sesungguhnya.

kerugian dalam penggunaan gadgetBerikut kerugian menggunkan gadget yang sering dilakukan orang:

  1. Dengan adanya gadget, contohnya saja smartphone, setiap orang pasti memiliki smartphone yang canggih dari berbagai merek ataupun harga yang bervariatif, namun handpone akan membawa dampak negative jika digunakan tidak sesuai funsinya, mungkin Anda pernah merasakan begitu mudahnya mengakses informasi hanya dengan lewat smartphone, namun hal tersebut kurang adanya getkeeper atau saringan saat mengakses dunia maya, apapun dicari, dilihat dan di dengarkan tanpa adanya control dari diri sendiri.
  2. Tidak banyak bergerak, orang mampu berdiam sendiri di suatu tempat hanya sekedar bermain handpone seharian dan tidak memperdulikan lingkungan sekitarnya, sehigga lupa diri dan lupa waktu.
  3. Pemborosan, sebelum adanya gadget masuk dalah kehidupan manusia sehari-hari, anggaran uang jajan mungkin hanya dipakai untuk jajan dan tugas sekolah, namun dengan adanya gadget anggaran semakin bertambah dan kurang terkontrol, uang yang diberikan orang tua semestinya digunakan untuk kebutuhan sekolah, malah digunakan untuk membeli pulsa atau paket data, tidak salah jika digunakan untuk kepentingan sekolah, seperti mencari tugas, menambah informasi baru dan lain-lain.

Yang perlu diperhatikan pada saat menggunaka gadget adalah kita harus mengetahui kerugian menggunkan gadget dan manfaat dari penggunaannya, jika dirasa tidak penting, maka pergunakanlah pada hal-hal yang bermanfaat, seperti megerjakan tugas-tugas sekolah, digunakan untuk promosi bisnis yang semestinya memberikan manfaat positif.