Gadget telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang rata-rata menghabiskan waktu hingga lebih dari 5 jam dalam sehari untuk menggunakan smartphone. Bahkan gadget sudah menjadi kebutuhan pokok saat siang hari melakukan aktifitas di luar rumah sehingga saat hadphone ketinggalan atau hilang, maka si pemilik akan panik.

Namun karena alasan handphone sering di gunakan diluar rumah bahkan di jalanan maka resiko kehilangan handphone sangat tinggi. Sebagian besar handphone yang hilang di jalanan tidak kembali.

hacker smartphoneOleh karena itu alangkah baiknya kalau pemilik melindungi handphonenya dari kemungkinan tidak diinginkan apabila handphone hilang. Berikut kami akan membagikan tips melindungi gadget kesayangan dari tindakan hacker atau pihak tidak bertanggung jawab lainnya.

Melindungi handphone bukan hanya karena khawatir di buka oleh orang lain yang iseng ingin mengetahui isi handphone kita, namun alasan lain yang lebih penting adalah memproteksi diri dari tindakan hacker yang mencoba menerobos sistem akun pribadi yang penting.

Tips melindungi gadget dari hal tidak diinginkan yaitu :

1. Enkripsi

Handphone Android memungkinkan untuk melakukan enkripsi data yang tertanam di perangkat. Sebaiknya selalu melindungi handphone dengan menggunakan sandi atau password. Walau merepotkan namun hal ini melindungi pemilik jika handphone hilang atau jatuh ke pihak tidak bertanggung jawab.

2. Mengunci Otomatis

Fitur smartphone memungkinkan handphone melakukan penguncian otomatis menggunakan sandi atau password yang sudah di seting dalam waktu tertentu, hal ini bertujuan agar pemilik terproteksi secara otomatis walau lupa mengunci handphonenya.

3. Jangan menggunakan wifi atau tethering dengan perangkat tidak dikenal

Jangan menggunakan jaringan wifi dengan perangkat yang tidak dikenal, hindari tethering dengan pihak tidak dikenal, hal ini menghindari orang lain dapat mengakses sistem pada gadget kita terutama kalau sering menggunakan smartphone untuk akses perbankan.

4. Pembaharuan software

Tujuan pembaharuan software yaitu perusahaan pembuat aplikasi melindungi konsumen dari ulah hacker yang menemukan celah keamanan namun terblokir aksesnya karena proses pembaharuan software.

Demikian beberapa tips melindungi gadget dari kemungkinan tidak diinginkan yang bisa saja terjadi pada smartphone yang minim sistem keamanannya.