Tempat cuci piring stainless adalah salah satu tempat yang rentan dengan kotor. Hal itu dikarenakan tempat ini menjadi pusat penyimpanan piring-piring kotor, perlengkapan makan , dan perlengkapan dapur lainnya. Lagi pula aktivitas makan dan minum di rumah tidak bisa serempak diatur dengan ketat. Rumah memang tempat istirahat yang memberikan kenyamanan pada para penghuninya. Berbeda dengan di sebuah asrama atau pesantren. Bisa saja tim pengelola memberikan waktu khusus untuk pengumpulan perlengkapan makan yang kotor. Misalnya saja tim pengelola membuat aturan dari jam delapan pagi sampai jam dua siang, tempat cucian piring harus dalam keadaan bersih. Aturan seperti itu sangat mungkin dilakukan di tempat-tempat umum seperti itu. Namun, untuk di rumah  yang mempunyai anggota keluarga  banyak dan masih mempunyai anak kecil hal itu sulit dilakukan. Kita hanya bisa memberikan aturan bahwa piring kotor dan perlengkapan makan lainnya harus terpusat di satu tempat, jangan sampai tercecer di mana-mana.

Berikut adalah cara-cara yang dapat para ibu lakukan agar tempat cuci piring stainless terjaga kebersihannya setiap hari.

  • Perhatikan kebersihan spon pencuci piring yang berada di tempat itu. Jangan dibiarkan masih bercampur dengan sisa detergen pencuci piring sebelumnya. Bersihkan dari  sisa-sisa detergen atau kotoran lainnya lalu peran dan simpan di tempat yang kering.
  • Kumpulkan semua sisa makanan dan sampah-sampah lainnya pada satu tempat kemudian buang ke tempat sampah di depan rumah. Jangan biarkan tempat sampah yang berada di dapur terisi penuh sampai mengeluarkan bau tak sedap.
  • Bersihkan permukaan tempat cuci piring dari lemak atau minyak yang masih menempel. Gunakan sunlight anti bakteri untuk mejadikan tempat itu bersih maksimal, terbebas dari bakteri jahat yang menimbulkan bau.
  • Bersihkan pipa air di wastafel secara sempurna. Jangan biarkan lekukan-lekukannya dikotori dengan lemak, minyak, atau sisa makanan lain. Karena kotoran tersebut akan terus menumpuk sehingga sulit dibersihkan.
  • Bersihkan dapur setiap hari, jangan sampai ada sampah atau sisa makanan yang tidak terbuang. Hal itulah yang menyebabkan dapur menjadi tidak segar. Pakailah sunlight anti bakteri supaya kitchen set dan perabotan lain di dapur Anda terbebas dari bakteri penyebab bau d an sumber penyakit.

Demikianlah tips yang dapat ibu-ibu lakukan supaya dapur kita terutama tempat cuci piring selalu bersih dan wangi. Berawal dari dapur yang bersih kita bisa menjadikan keluarga yang sehat ceria.