Kini gadget seolah-olah adalah kebutuhan pokok bagi sebagian golongan masyarakat, ketika menggunakan gadget kita sering lupa waktu. Makin mudah dan murahnya untuk mendapat gadget sehingga hampir semua orang kini memiliki gadget.

Namun masih sedikit orang yang menyadari bahayanya berlama-lama menggunakan gadget, yang paling bahaya adalah radiasi terhadap mata. Bila kita tidak mengatur penggunaan gadget ini akan berakibat patal untuk mata kita. Radiasi yang ditimbulakan dari gadget sangat mempengaruhi terhadap kesehatan mata. Bila kita tak memakai aturan dalam menggunakan terus menerus ini biasanya menimbulkan min pada mata. Bahkan yang paling patal adalah sampai mengalami kebutaan karena radiasi dari gadget.

Untuk itu alangkah baiknya kita menurunkan kecerahan layar pada gadget untuk mengurai resiko gangguan kesehatan mata. Selain itu kita juga harus bisa mengatur dalam mengunakan pengunaan gadget, misalnya setiap hari waktu untuk mengunakan gadget dibatasi. Apalagi ketika memainkan game kita bisa berjam-jam dan cenderung sulit untuk berhenti, hal ini tidak lah baik untuk kesehatan.

Untuk menghindari rusaknya mata setelah menggunkan gadget baiknya kita melatih mata kita dengan memandang sesuatu yang memiliki jarak sekitar 20 m selama kurang lebih 20 menit. Hal ini dilakukan supaya mata kita tidak min. Hal lain yang harus diperhatikan mengenai gadget yaitu ketika kita tidur jauhkan gadget dari posisi kita tidur. Karena radiasi dari gadget cukup besar, maka bila kebiasa banyak orang menyimpan gadget didekat kepala ketika tidur itu sangat tidak baik. Ketika kita tidur dan menyimpan gadget didekat kepala itu bisa menimbulkan kangker pada organ kepala kita. Maka sebaiknya jauhkan gadget dari tempat kita tidur.

Mengingat kini kehidupan sebagian masyarakat sudah tidak bisa dipisahkan dari gadget, untuk itu kita harus lah pandai-pandai dalam mengunakan alat moderen ini, agar kita tidak terkena dampak negatif buat kesehatan dari gadget yang kita miliki. Atur waktu penggunaan gadget dalam keseharian, kurangi memainkan game pada gadget yang terlalu lama. Demikian beberapa hal penting untuk menjaga kesehatan yang bisa ditimbulkan dari gadget.