de Cara Menghitung Usia Kehamilan - Mini Coopeer

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Kelahiran seorang bayi tentunya sangat dinantikan bagi mereka yang baru menikah. Terlebih jika proses penantian tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. Maka ketika mengetahui kehamilan itu datang, sangat penting bagi anda untuk mengetahui usia kehamilan.

Kini ada Femometer yang merupakan alat untuk menghitung masa kehamilan yang paling mudah dan praktis. Dengan mengetahui usia kehamilan, maka kita dapat mempersiapkan segala kebutuhan bayi dengan matang dan maksimal. 

Berikut ini ada beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan, diantaranya:

1. Menggunakan kalkulator kehamilan online

Dijaman yang serba modern seperti sekarang ini semua hal dapat dilakukan secara online, termasuk menghitung usia kehamilan. Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot pergi ke dokter hanya untuk mengetahui usia kehamilan anda. Dengan menggunakan kalkulator kehamilan online, semua dapat dilakukan dengan mudah. Cukup dengan mendownload aplikasinya kemudian ikuti petunjuk yang diberikan.  Mulai dari hari terakhir haid dan lain sebagainya.

Image result for Menghitung masa kehamilan femometer


2. Hitungan kalender (rumus Naegele)

Sebelum anda memulai menghitung dengan cara kalender yang satu ini, anda harus mengetahui siklus haid anda. pasalnya menghitung menggunakan cara yang satu ini digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid yang teratur. Yang pertama dihitung adalah kapan anda terakhir haid. Dari sana akan diketahui berapa usia kehamilan anda.

3. Sistem fundus uteri

Fundus uteri merupakan puncak rahim. Puncak rahim inilah yang seiring waktu akan meninggi  sesuai dengan perkembangan janin. Caranya dengan meraba puncak rahim yang terasa menonjol di bagian perut. Kemudian hitung jaraknya dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Misalnya jika terhitung 15 cm, itu berarti usia kehamilan menginjak 15 minggu. Bisa dibilang cara yang satu ini merupakan menghitung usia kehamilan yang manual. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan. Namun kini ada cara menghitung masa kehamilan dengan mudah dan praktis hanya dengan menggunakan Femometer. Dengan alat ini anda bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa perlu repot-repot pergi ke bidan.