de Cara Gampang Hilangkan Jerawat

Cara Gampang Hilangkan Jerawat

Perawatan wajah berjerawat yang gampang hanya sebagian kita yang mengetahuinya . Semua pasti pernah mengalami berjerawat, karena jerawat merupakan penyakit kulit yang sering terjadi. Ia bisa timbul pada siapa saja baik wanita maupun pria, lebih sering timbul pada usia remaja. 

Jerawat terjadi karena adanya pembentukan asam lemak berlebihan dalam sebum di kelenjar keringat, yang menyebabkan penyumbatan, sehingga timbul radang. Infeksi bakteri makin memperparah proses ini, menyebabkan terjadi infeksi sampai pembentukkan nanah. Pada daerah yang berjerawat akan tampak warna kemerahan yang kadang disertai putih kekuningan, benjolan akan terasa nyeri dan tidak nyaman.

Wajah halus, mulus, bebas jerawat menjadi impian semua orang. Jerawat yang terus menerus dapat menjadikan seseorang tidak percaya diri dan menimbulkan stress. Untuk itu perawatan wajah berjerawat yang tepat sangat diperlukan

Ini langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk perawatan wajah berjerawat.

1.Bersihkan wajah

Membersihkan wajah sebaiknya dilakukan minimal sehari dua kali. Basuhlah wajahmu dengan air hangat, karena ia lebih mampu mengangkat minyak dibandingkan air dingin. Gunakanlah sabun pencuci muka yang tidak mengandung pelembab. Saat ini telah  banyak tersedia sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat, sehingga kita tidak perlu lagi bersusah payah membaca komposisinya.

Biasanya sabun jenis ini mengandung zat aktif, triclosan, asam sitrat, asam laktat

atau asam  glikolat. Zat-zat itu mampu membunuh bakteri, pengelupasan sel-sel kulit mati serta mengurangi pembentukan minyak di kulit.

2. Gunakanlah toner 

Setelah mencuci muka, pakailah toner khusus jerawat. Kamu pun dapat membuat toner sendiri dengan cara merendam daun mint  dalam air mendidih, setelah 30 menit saring dan ambil cairan, setelah dingin oleskan secara merata pada wajahmu.

3. Mengangkat Kulit Mati. 

Seminggu sekali kamu bisa melakukan scrub ringan pada wajah, yang berguna

untuk mengangkat kulit mati yang menutup pori-pori kulit. Pilihlah scrub yang tidak terlalu kasar dan dapat mengangkat minyak. Saat ini banyak tersedia dipasaran. Proses ini tidak boleh dilakukan jika jerawat masih meradang dan bernanah, karena dapat menimbulkan luka dan memperberat infeksi.

4.Gunakan masker 

Setelah kamu melakukan scrub wajah. Pilihlah masker yang dapat menyerap minyak. 

Jika mau bisa menggunakan putih telur sebagai masker. Ia dapat mengencangkan wajah dan mengangkat minyak. Hanya pemakaian masker yang berasal dari telur mengeluarkan aroma anyir yang tidak sedap.

Hal-hal sederhana disekitar kita dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit sehari-hari. Lakukanlah dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.