de Cara Menghitung Kalender Kesuburan Pada Wanita

Cara Menghitung Kalender Kesuburan Pada Wanita

Metode menghitung kalender kesuburan merupakan suatu metode alami yang dapat dilakukan oleh semua orang, karena dengan menggunakan metode ini sangat mudah dan tidak rumit. Oleh sebab itu memang penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara menghitung kalender kesuburan pada wanita.

Namun sebelum mampu menghitung terlebih dahulu mengetahui siklus bulanan yang terjadi pada enam periode sebelumnya. Sehingga anda dapat dengan mudah membaca dan juga menghitung kalender kesuburan. Jika anda memiliki keinginan untuk hamil maka dengan menggunakan kalender kesuburan ini dapat mengetahui waktu yang pas dalam melakukan hubungan seks.

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Dengan cara metode manual dalam perhitungan kalender kesuburan maka dengan mudah anda dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun. Berikut adalah tata cara menghitung kalender kesuburan pada wanita.

  • Mengetahui waktu ovulasi

Jadi penting sekali untuk mengetahui masa ovulasi, karena pada waktu ovulasi terjadi maka kemungkinan besar adalah masa subur yang dapat menyebabkan kehamilan. Apalagi daya tahan sperma adalah 7 hari, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa sperma dapat dibuahi. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui kapan waktu ovulasi terjadi agar dapat lebih menguatkan keinginan anda.

  • Mengetahui siklus menstruasi

Siklus menstruasi setiap wanita pastinya berbeda, oleh sebab itu untuk perhitungannya juga tentu berbeda. Mengetahui perubahan siklus atau siklus menstruasi yang menetap itu juga penting. Jika anda mengalami siklus menstruasi selama 28 hari, siklus menstruasi dihitung pada hari pertama menstruasi hingga satu hari sebelum terjadinya menstruasi berikutnya.

Dan begitu terus sampai anda dapat menentukan siklus menstruasi 28 hari, dan jika anda telah mendapatkan atau mengetahui tata cara membaca kalender kesuburan ini maka anda dapat mengetahui kapan masa subur dan kapan masa tidak subur.

Oleh sebab itu, perlu sekali untuk mengetahui bagaimana cara membaca dan menghitung masa subur dan masa tidak subur menggunakan kalender kesuburan pada wanita. Sehingga bagi anda yang ingin segera memiliki keturunan usahakan melakukannya di waktu masa subur.