6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Tepat

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh adalah sesuatu yang sangat penting. Saat kondisi tubuh Anda sehat maka aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar. Meski kesehatan adalah sesuatu yang penting, banyak orang tidak mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Mari kita simak informasinya:

1. Atur waktu istirahat dengan baik

Cara menjaga kesehatan tubuh yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan istirahat. Kelelahan setelah beraktivitas seharian merupakan salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Jadi, mengistirahatkan tubuh merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah tersebut.

2. Olahraga secara teratur

Cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sering kali luput dilakukan banyak orang. Padahal cara ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh selalu bugar. Tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, cara ini juga bisa digunakan untuk mengelola masalah kesehatan lain seperti osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga kanker.

3. Konsumsi makanan berserat

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat seperti, buah, sayur dan kacangan-kacangan setiap harinya. Makanan-makanan berserat mampu menjaga tubuh Anda dari serangan bakteri. Pastikan makanan yang Anda makan sudah higienis.

4. Makan dengan porsi wajar dan sehat

Cara menjaga kesehatan yang satu ini sering kali disepelekan, namun sebenarnya sangat berpengaruh pada kesehatan secara umum. Makan dengan porsi wajar sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Apabila Anda mengalami kegemukan, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

5. Penuhi kebutuhan vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Temukan vitamin ini pada sinar matahari, telur, hati, dan ikan demi menjaga kesehatan tubuh Anda tetap optimal.

6. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Meski ini adalah cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah, fakta nya banyak orang tidak melakukannya dengan baik. Banyak artikel kesehatan menyarankan Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena melihat manfaat yang bisa di dapatkan nya. Minimal delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus dipenuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.