3 Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Salah satu hal yang membuat orang-orang enggan berbisnis ialah tingginya modal yang diperlukan. Beruntungnya, tersedianya koneksi internet pada zaman sekarang memungkinkan kalian memulai bisnis online tanpa modal. Tentunya kalian membutuhkan komputer dan koneksi internet, namun selain itu, yang kalian butuhkan ialah kegigihan serta kreativitas kalian. Tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun namun ingin berbisnis dengan menggunakan internet? Bisnis online seperti apa, yang tidak memerlukan modal?

Berikut adalah beberapa bisnis online gratis tanpa modal yang bisa kalian coba nantinya:

1. Menjadi YouTuber

Salah satu bisnis online gratis tanpa modal yang paling umum ialah melalui video. Pastinya kalian sering menonton video di beberapa website video seperti YouTube, bukan? Dengan menjadi pembuat video di YouTube atau YouTuber, kalian dapat memperoleh penghasilan yang tidak sedikit! Yang perlu kalian miliki hanyalah komputer dan koneksi internet yang mumpuni.

2. Usaha dropship

Apakah kalian pernah mendengar istilah dropshipping? Ini adalah jenis usaha di mana kalian menjual barang atas nama kalian, tetapi barangnya dikirimkan oleh pihak lain. Misalnya, kalian memberitahu teman kalian bahwa kalian menjual jaket. Ketika teman kalian berminat untuk membeli jaket yang kalian jual, ia akan membayar sejumlah uang kepada kalian. Kemudian, kalian membeli jaket secara online dari pihak lain dan mereka akan mengirimkan jaketnya ke teman kalian. Tentunya, harga yang kalian tentukan bakalan lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya supaya memperoleh keuntungan.

3. Menulis blog atau membuat website sendiri

Suka menulis? Kalian mempunyai blog berisi informasi-informasi bermanfaat? Pertimbangkanlah menyertakan iklan dalam blog atau website kalian. Untuk membuat blog atau website secara gratis, kalian dapat menggunakan WordPress, Blogger, Weebly, Wix, dan beberapa layanan pembuat website. Setelah memiliki situs kalian sendiri, kalian dapat menyertakan iklan dengan menggunakan Google AdSense. Dengan ini, kalian dapat mengubah hobi menulis kalian menjadi bisnis online gratis tanpa modal yang sangat berpotensi. Google AdSense merupakan layanan Google yang populer terkait menampilkan iklan. Dengan mendaftarkan blog atau website kalian dalam Google AdSense, maka iklan-iklan akan bermunculan dalam blog maupun website kalian.