Sejarah awal berdirinya SMA Dwiwarna sangat berkaitan erat dengan Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna yang di pimpin oleh Ibu Ratjih Natawidjaja beserta anggotanya. SMA Dwiwarna ini berdiri pada tanggal 3 April 1992. Atas dasar beberapa pertimbangan, yaitu menyediakan lembaga pendidikan Islam dengan kualitas baik, meningkatkan SDM agar bisa bersaing di masa depan, dan ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka cita-cita atau harapan kedepannya, sekolah ini bisa menjadi salah satu SMA boarding school terbaik yang ada di Indonesia.

Selama 6 tahun masa pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, maka resmi dibuka pada tahun 1998. Saat itulah sekolah ini merekrut siswa untuk angkatan pertamanya. Pada tanggal 20 Juli 1998, SMA Dwiwarna baru menerima siswanya sekitar 81 orang dari yang mendaftar 125 orang. Di mana pada saat itu, semua siswa yang berhasil lolos seleksi administrasi tahap awal menerima beasiswa sepenuhnya dari Yayasan.  

Sampai saat ini, sudah 15 angkatan yang berhasil lulus dengan prestasi akademik dan non-akademik terbaik. SMA Dwiwarna pun telah menjadi bagian penting bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia pendidikan di tanah air. Dengan sistem sekolah berasrama, kemudian proses pengajaran dan pendidikan yang diunggulkan, telah terbukti dapat memberikan kontribusinya dalam mencerdaskan anak bangsa dengan pribadi yang berakhlak baik dan terpuji.

“Membangun kepribadian yang berpendidikan”

Kehadiran SMA boarding school terbaik ini telah disistematiskan melalui program kurikulum Nasional terpadu dengan kurikulum internasional. Sehingga konsentrasi pembelajarannya diarahkan pada pembentukan siswa yang cerdas dan berprestasi secara inteligensi, emosional, dan spiritual.

“Lingkungan serta Program Pembelajaran terintegrasi”

Didukung dengan lingkungan yang aman, nyaman, dan jauh dari polusi, membuat suasana belajar menjadi lebih diminati siswa. Selain itu, sarana dan prasarana serta tenaga pengajar yang profesional, memberikan dukungan dalam membentuk insan nasionalis yang religius.

“Kebijakan Pendidikannya mencakup keterampilan hidup serta prestasi akademik”

Seperti telah disinggung di awal, bahwa SMA boarding school terbaik yaitu SMA Dwiwarna, sampai saat ini telah berhasil meluluskan 15 angkatan dengan prestasi akademik dan non-akademik yang menggembirakan. Salah satu buktinya, siswa lulusan SMA Dwiwarna berhasil menembus Perguruan Tinggi Negeri Unggulan di Indonesia dan di luar negeri.

Selain itu, ada pula lulusan SMA Dwiwarna yang meniti karir dan mengasah bakat kepemimpinannya dengan prestasi yang gemilang di bidangnya. Hal ini bisa menjadi tolak ukur pada proses pembelajarannya yang berhasil.