Beberapa Kekeliruan Saat Ganti Oli Motor

Salah satu jenis moda transprotasi sederhana namun praktis untuk mengatasi kemacetan kota yang kian hari kian meningkat adalah motor. Ya, dengan menggunakan motor maka anda akan bisa mengatasi kemacetan kota yang sering membuat kita stress. Agar kondisi mesin motor yang anda gunakan tersebut selalu dalam kondisi prima, ada banyak cara yang bisa anda lakukan.

Salah satunya adalah ganti oli motor anda secara berkala sesuai dengan aturan yang penggantian oli yang dibuat oleh pabrik yang membuatnya. Penggantian oli yang benar akan membuat kondisi mesin motor anda selalu prima dan siap digunakan kapan saja dan dimana saja. Namun sebaliknya, jika sistem penggantian oli motor anda keliru, maka tunggu saja, cepat atau lambat  kerusakan akan menimpa motor anda.

Salah satu hal yang akan membantu anda dalam merawat kondisi mesin motor agar selalu prima adalah anda harus mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan kekeliruan saat kita ganti oli motor. Pengetahuan ini sangat penting untuk menghindari siostem penggantian oli yang salah yang bisa menyebabkan mesin motor anda rusak parah.

ganti oli motor
ganti oli motor

Adapun beberapa kekeliruan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Menyemprot lubang oli mesin dengan udara bertekanan tinggi. Ini sering dilakukan banyak bengkel, dengan maksud agar pelumas di dalam mesin cepat keluar. Kalau disemprot kencang, kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin. Memang yang akan menetes lebih banyak, tapi lebih dianjurkan agar didiamkan saja sampai habis

2. Tidak mengganti ring oli setiap membuka pembuangan oli. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan kembali baut oli.

3.  Membuka baut pembuangan oli pada saat mesin masih dalam kondisi panas. Saat mesin masih panas, atau baru saja berhenti, baut yang terdiri dari komponen besi masih dalam keadaan memuai. Jika dipaksa untuk dibuka, ulir baut akan cepat rusak.

4. Tidak membersihkan filter oli setiap 12.000 km untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan kekeliruan saat anda ganti oli motor. Agar kondisi motor anda selalu dalam kondisi prima, pastikan motor anda tersebut menggunakan oli sintetik terbaik dari Top One. Ya, dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, Oli Top One akan membuat mesin motor anda selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan kapan saja dan dimana saja.